Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah ilmu Tiongkok kuno yang membantu menyelaraskan energi dari lingkungan dengan energi Anda sendiri, termasuk kamar tidur

Tata letak kamar tidur mungkin tampak fungsional, tapi meletakkan furnitur di tempat yang salah dapat menghalangi aliran energi. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Kamar Tidur yang Nyaman dan Tenang

Jika energi terhalang atau tidak memberikan energi positif, ini akan mempengaruhi kualitas tidur dan hidup seseorang.

Liz Wiggins, ahli feng shui di Sydney, Australia, mengatakan kamar tidur bertindak sebagai hal penting dalam hal feng shui karena menandakan kesehatan dan hubungan Anda.

“Bagi saya, kamar tidur adalah area terpenting di rumah mana pun karena ini terkait dengan kesehatan dan hubungan seseorang,” katanya dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Kamis (1/12/2022). 

Baca juga: 7 Cara Menghadirkan Furnitur di Kamar Tidur Kecil 

Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.Shutterstock/Svet_Feo Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.
Liz mengatakan posisi terbaik meletakkan tempat tidur adalah menempatkan pada dinding yang kokoh agar Anda dapat melihat pintu utama dan hindari menempatkan cermin di seberang tempat tidur.

Sebagai pasangan, jika Anda berdebat, cermin akan meningkatkannya perdebatan sehingga perlu menjauhkan cermin dari seberang tempat tidur. 

Selain penempatan tempat tidur, Liz menjelaskan ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan banyak orang di dalam kamar tidur dan berakhir mengacaukan aliran energi positif. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur, Apa Saja?

Liz menyarankan tidak membuat kekacauan di bawah tempat tidur. "Ini adalah energi yang Anda serap saat tidur. Jika memiliki penyimpanan di bawah tempat tidur, pastikan linen atau pakaian bersih yang disimpan," tambah Liz.

Selain itu, Liz mengatakan perlu menghindari beberapa warna tertentu di dalam kamar tidur, seperti merah, karena warna membuat perbedaan besar pada energi ruang, terutama di kamar tidur.

"Jangan gunakan merah di kamar, kecuali jika direkomendasikan konsultan yang berkualifikasi. Ini dapat mempengaruhi kualitas tidur atau kemampuan untuk benar-benar tidur," papar Liz.  

Baca juga: Ragam Pilihan Warna Cat Dinding Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur

Tak hanya itu, peralatan elektronik di kamar tidur juga dapat mempengaruhi tidur, bahkan membuat sulit tidur.

"TV dan barang listrik apa pun tidak bagus dan tolong jangan tidur dengan ponsel di bawah bantal, itu benar-benar tidak baik untuk Anda," Liz memperingatkan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+