Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aroma Alami yang Dapat Mencegah Kucing Kencing Sembarangan

Kompas.com - 20/11/2022, 08:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Petkeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan peliharaan yang mudah dilatih untuk melakukan beragam hal, salah satunya menggunakan kotak pasir untuk buang air kecil maupun besar. 

Kotak pasir bisa dibilang sebagai toilet atau kloset serta ruang pribadi kucing. Sayangnya, meski telah diajari dan diberikan kotak pasir, terkadang kucing kencing sembarangan di sejumlah area atau benda di rumah seperti karpet, sofa, pakaian, hingga furnitur. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Kucing Pemalu Merasa Lebih Nyaman dengan Pemiliknya

Perilaku buruk ini tidak hanya mengotori, tapi juga membuat rumah berbau dan berdampak buruk pada kesehatan bila terus-menerus terjadi.

Membersihkan urine kucing peliharaan tentu bukan hal menyenangkan, apalagi urine kucing memiliki bau sangat kuat karena kandungan amonia yang tinggi.

Lantaran mengenali aroma dari urinenya, kucing cenderung menggunakan tempat yang sama untuk buang air kecil.

Karena itu, perlu segera membersihkan serta menghilangkan aroma urine kucing segera demi mencegahnya melakukan perilaku buruk ini. 

Namun, menjaga kucing peliharaan tetap fokus menggunakan kotak pasir tidaklah mudah. Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan wewangian alami untuk mencegah kucing kencing sembarangan dan menghindari area yang bermasalah.  

Dilansir dari Petkeen, Minggu (20/11/2022), berikut lima aroma alami yang dapat mencegah kucing peliharaan kencing sembarangan. 

Baca juga: Kenalan dengan Kucing Bengal Biru, dari Asal Usul hingga Fakta Menarik

Jeruk

Ilustrasi kulit jeruk. PIXABAY/ESUDROFF Ilustrasi kulit jeruk.
Kucing tidak menyukai aroma jeruk dan tidak merasa nyaman buang air kecil di area dengan kulit jeruk di dekatnya. Namun, terlalu banyak jeruk bisa menjadi racun bagi kucing sehingga perlu berhati-hati menggunakannya. 

Anda dapat mencampur jus jeruk atau lemon dengan jumlah air yang sama untuk membuat semprotan jeruk, tetapi harus berhati-hati dengan kain yang akan disemprotkan. 

Kandungan asam dalam jeruk dapat menghitamkan beberapa serat. Untuk area berkarpet dan kain, Anda dapat meletakkan sebungkus kulit jeruk untuk mencegah kucing kencing di area tersebut.  

Baca juga: Jangan Asal, Ini 4 Cara Memilih Kotak Pasir Kucing 

Cuka

Larutan cuka efektif menghilangkan bau urine kucing dan mencegahnya kencing di luar kotak pasir. Campur 256 mililiter dan 256 air, lalu tuangkan ke dalam botol semprot.

Semprotkan sedikit di tempat yang ingin Anda hindari kucing kencing sembarangan atau biasa buang air kecil di sana.

Pastikan mengencerkan cuka sebelum menyemprotkannya karena cuka murni dapat memudarkan warna beberapa kain.

Sebaiknya, menggunakan cuka putih suling daripada varietas lain. Anggur merah, sari apel, dan cuka beras dapat menodai kain serta membutuhkan pembersih tambahan untuk menghilangkan noda tersebut. 

Baca juga: 5 Cara Mengadopsi dan Menjadikan Kucing Liar sebagai Peliharaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com