Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menghentikan Burung Peliharaan yang Suka Menggigit

Kompas.com - 20/11/2022, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Petkeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Paruh burung memiliki banyak manfaat, salah satunya menggigit. Burung dapat menggigit beragam benda seperti makanan, mainan, kandang, hingga pemiliknya atau orang lain.

Menggigit merupakan hal yang biasa dilakukan burung. Namun, perilaku ini perlu diwaspadai, terlebih bila burung suka menggigit pemiliknya atau orang lain. 

Baca juga: 5 Jenis Burung yang Cocok Dipelihara Pemula

Walau terkadang tidak bermaksud menyakiti, mendapati burung peliharaan yang berubah menjadi agresif dan menggigit bisa membuat khawatir.

Pasalnya, bukan tak mungkin burung akan menggigit kembali pada kesempatan lain, bahkan dengan gigitan yang lebih menyakitkan. 

Karena itu, perlu segera menghentikan perilaku menggigit ini sebelum lepas kendali serta menjadi kebiasaan.

Nah, dikutip dari PetKeen, Minggu (20/11/2022), sejumlah cara menghentikan burung peliharaan menggigit.  

Baca juga: Studi Ungkap Burung Gagak Bisa Menyimpan Dendam Selama Sebulan

Tentukan penyebabnya

Ilustrasi burung beo menggigit jari pemiliknya.Shutterstock/Fernando Verdu Brufal Ilustrasi burung beo menggigit jari pemiliknya.
Langkah pertama menghentikan masalah menggigit ini adalah mencari tahu penyebab perilaku itu terjadi. Ada beberapa penyebab burung peliharaan menggigit, di antaranya merasa ketakutan, kontrol atas wilayahnya, fase pembiakkan, masalah medis, hingga ingin bermain.  

Mulailah mengamati apa yang membuat burung peliharaan menggigit. Misalnya, bayi burung cenderung mengembangkan rasa takut pada manusia jika mereka tidak terus-menerus disosialisasikan dengan manusia.

Apalagi, bila memelihara burung yang sudah dewasa, kemungkinan memiliki sejarah kasar yang mengajarinya bahwa tangan manusia tidak aman.

Bahkan burung yang bersosialisasi dengan baik terkadang menjadi ketakutan. Maka itu, penting mendapatkan kepercayaan burung dan memberi tahu mereka bahwa tidak perlu takut pada Anda atau manusia lain. 

Baca juga: 5 Burung dengan Kicau Paling Indah di Dunia, Apa Saja?

Buat perilaku alternatif

Pastikan semua kebutuhan hewan peliharaan saat ini terpenuhi. Burung membutuhkan tidur yang cukup, nutrisi, dan stimulasi mental untuk membuatnya tetap bahagia.

Akan jauh lebih menantang menghentikan perilaku menggigit jika burung tidak memenuhi semua kebutuhan ini.

Selanjutnya, pertimbangkan apa yang ingin burung lakukan untuk menggantikan gigitan. Misalnya, memberikan penguatan positif yang konsisten untuk perilaku yang baik dan penguatan negatif untuk perilaku yang buruk.

Penguatan negatif tidak boleh berbahaya. Sebaliknya, cobalah mengambil sesuatu yang diinginkan burung ketika mereka bertingkah. 

Baca juga: Mendengarkan Kicau Burung Dapat Mengurangi Kecemasan dan Paranoia

Bangun hierarki 

Ilustrasi burung lovebird sedang makanSHUTTERSTOCK/JULIA SHUTIKOVA Ilustrasi burung lovebird sedang makan
Selanjutnya, cara menghentikan burung peliharaan menggigit adalah membangun hierarki. Burung adalah hewan yang cerdas dan memiliki kemampuan mempelajari perintah. Ini menegaskan kembali kepada hewan bahwa manusia memiliki peringkat lebih tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com