Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Peralatan Elektronik di Rumah Tahan Lama

Kompas.com - 24/09/2022, 14:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa perawatan rumah itu mahal, mulai dari tagihan listrik, lansekap hingga perbaikan tak terduga. Ini termasuk penggantian peralatan elektonik di dalam dapur.

Seiring berjalannya waktu, peralatan elektronik akan mengalami kerusakan.

Namun, dilansir House Digest, Sabtu (24/9/2022) ada beberapa cara membuat peralatan elektronik lebih awet dan tahan lama. 

Baca juga: Pembiayaan Produk Elektronik Rumah Tangga, Apakah Masih Menjanjikan?

Ilustrasi microwave; ilustrasi membersihkan microwave. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi microwave; ilustrasi membersihkan microwave.

1. Membersihkan microwave dengan lemon

LifeHacker menyatakan, untuk membuat proses pembersihan lebih mudah dan lebih efektif, Anda cukup memeras lemon ke dalam mangkuk kecil, kemudian tambahkan setengah cangkir air ke mangkuk dan masukkan ke dalam microwave.

Atur waktu memanaskan menjadi tiga menit, lalu biarkan microwave mengukus selama lima menit. Ini akan melakukan pekerjaan yang baik untuk melonggarkan sisa-sisa makanan yang menempel di rak, dinding, atau langit-langit microwave.

Gunakan spons basah untuk menyekanya. Yang terbaik dari semuanya, peretasan ini tidak menggunakan bahan kimia pembersih yang keras dan sangat terjangkau.

Baca juga: 5 Alat Elektronik yang Menguras Banyak Listrik

2. Bersihkan koil kondesor kulkas

Sesuatu yang diabaikan di banyak dapur adalah gulungan kondensor kulkas. Namun, menjaganya tetap bersih penting untuk kesehatan dan umur kulkas Anda.

Itu karena seperti yang dijelaskan oleh House Tipster, kumparan menarik debu, kotoran, dan bahkan bulu hewan peliharaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com