Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Menjaga Peralatan Elektronik Rumah Tangga Tetap Awet

Kompas.com - 02/06/2022, 17:53 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua peralatan elektronik rumah tangga memiliki harga  murah, bahkan terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat.

Untuk itu, ketika memilikinya, orang-orang akan merawatnya sebaik mungkin supaya tetap awet sehingga tidak perlu memperbaiki atau menggantinya selama bertahun-tahun.

Baca juga: Penggunaan Alat Elektronik Ini Meningkat karena Remote Working

Perawatan peralatan elektronik tidak hanya sebatas rutin membersihkannya dari debu dan kotoran, tapi cara menggunakan juga turut mempengaruhi usia peralatan. 

Dikutip dari Direct Energy, Kamis (2/6/2022), berikut beberapa tips menjaga peralatan elektronik rumah tangga tetap awet. 

Gunakan dan perlakukan dengan hati-hati

Ilustrasi microwave; ilustrasi membersihkan microwave. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi microwave; ilustrasi membersihkan microwave.

Menjatuhkan atau menghancurkan peralatan elektronik sudah pasti akan merusaknya. Ponsel pintar, misalnya, layarnya dapat rusak ketika tidak sengaja terjatuh ke lantai.

Untuk itu, kamu perlu menggunakan dan memegangnya secara hati-hati. Salah satu cara melindungi ponsel dari kerusakan adalah menggunakan casing dan layar pelindung untuk melindunginya dari goresan. Pelindung layar tidak hanya tersedia untuk ponsel, tetapi juga tablet dan perangkat layar sentuh lainnya.

Baca juga: Trik Mudah Menghilangkan Sisa Stiker pada Permukaan Alat Elektronik

Taruh kabel di lokasi yang aman

Kabel listrik dapat menimbulkan bahaya tersandung jika tidak ditaruh atau diatur dengan benar.

Jika kabel dibiarkan melintasi pintu atau tergeletak di area dengan lalu lintas tinggi, ini dapat membuat orang tersandung. Bahkan, menyebabkan peralatan elektronik yang tersambung, misalnya komputer atau televisi, terjatuh ke lantai.

Untuk itu, atur kabel dengan hati-hati dan pastikan semua peralatan elektronik rumah tangga yang terpasang ditempatkan di area aman dan stabil.

Ada beberapa cara mengatur kabel supaya lebih aman, salah satunya, menyimpan kabel yang jarang digunakan dalam wadah kokoh, terlebih bila sering menggunakan banyak kabel dan kabel pengisi daya,

Untuk tumpukan kabel yang terhubung, gunakan klip dari bungkus roti untuk mengidentifikasi setiap kabel agar kamu tidak perlu melacaknya kembali ke sumbernya.

Baca juga: Cara Menjaga Alat Elektronik Berbahan Stainless Steel Bebas Noda

Cegah kerusakan dari lonjakan listrik

Ilustrasi kabel, ilustrasi kabel listrik.SHUTTERSTOCK / MPIX Ilustrasi kabel, ilustrasi kabel listrik.

Sebagian besar pengguna komputer tahu bahwa mereka harus menggunakan pelindung lonjakan arus listrik untuk mencegah kerusakan mesin.

Namun, peralatan elektronik lainnya pun dapat mengalami kerusakan akibat lonjakan listrik karena dibiarkan menyolok ke stopkontak dinding.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com