Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Alat Elektronik Berbahan Stainless Steel Bebas Noda

Kompas.com - 09/06/2021, 23:51 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Housepedia

JAKARTA, KOMPAS.com--Sebagai pemilik, kamu tentu ingin alat elektronik milikmu yang berbahan stainless steel tetap bersih dari noda bukan?

Karena biasanya, karena pemakaian, alat elektronik berbahan stainless steel akan kotor dan penuh dengan sidik jari yang tak sedap dipandang. 

Untuk kamu yang ingin membersihkannya, simak tips berikut ini yang dilansir dari Housepedia, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Trik Ampuh Mengatasi Kulkas yang Menyetrum

Air hangat dengan sedikit sabun cuci piring adalah langkah awal yang bagus. Gunakan lap microfiber, usap bolak-balik, setelah itu bilas dengan air bersih.

Keringkan tangan dengan kain mikrofiber bersih. Jika goresan air menjadi masalah, bersihkan dengan lap yang dibasahi cuka dan gosok hingga goresan itu hilang.

Setelah itu, coba bersihkan peralatan dengan mineral, lemon, atau baby oil untuk membuat permukaannya berkilau.

Baca juga: Ampas Kopi Lebih Ampuh Hilangkan Bau Kulkas daripada Baking Soda?

Bagaimana dengan sisa makanan yang keras dan di atas kompor stainless steel atau pemanggang barbekyu? Setelah memastikan permukaannya benar-benar dingin, tutupi noda dengan lap yang dibasahi air panas dan sabun cuci piring.

Tekan perlahan selama beberapa detik lalu biarkan meresap selama 20 menit. Basahi kembali lap dengan air sabun panas dan gosok perlahan noda yang sudah matang sampai bersih. Untuk noda yang sangat membandel, gunakan pembersih piring berbahan nilon secara perlahan.

Hindari menggunakan bahan-bahan yang sifatnya abrasive untuk membersihkan stainless steel.

Pembersih kaustik seperti pemutih, amonia, dan pembersih oven sangat dilarang. Kamu juga sebaiknya tidak menggunakan pembersih bubuk penggosok lembut atau penggosok ringan. Serta, jangan pernah menggunakan sikat atau wol baja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Housepedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com