Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Bunga Peony Menurut Feng Shui dan Cara Menggunakannya di Rumah

Kompas.com - 02/09/2022, 13:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui, unsur-unsur alam, seperti tanaman dan bunga, memberikan makna serta manfaat untuk rumah.

Bunga menjadi simbol yang sangat bermakna karena menawarkan keindahan, keharuman, dan nektar manis bagi lingkungan serta makhluk di sekitar mereka.

Baca juga: 4 Warna Bunga Peony dan Maknanya, dari Cinta sampai Kekayaan 

Dikutip dari The Spruce, Jumat (2/9/2022), salah satu bunga paling menguntungkan dalam feng shui adalah peony.

Bunga peony melambangkan cinta, kemakmuran, juga keindahan. Menurut feng shui, bunga peony memiliki simbol dan arti tersendiri. Berikut penjelasan lengkapnya.

Simbolisme dan arti bunga peony dalam feng shui

Ilustrasi bunga peony.Unsplash/Kuzmenko Viktoria photografer Ilustrasi bunga peony.
Tanaman peony memiliki bunga yang unik dan indah. Dalam bentuk kuncup, bunga peony terlihat dan terasa hampir seperti marshmallow bundar.

Ketika mekar penuh, bunga peony terlihat sangat menawan dengan lapisan kelopak yang mengacak-acak lebat.

Bunga peony biasanya datang dalam berbagai warna, di antaranya putih, merah muda, dan merah. Bunga cantik ini dikenal sebagai raja bunga di Cina.

Bunga peony mewakili kecantikan, feminitas, cinta, kasih sayang, dan keberuntungan. Dalam budaya Asia, orang juga memandang bunga peony sebagai representasi alam. 

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Cara Menanam Bunga Peony agar Mekar Sempurna

Bunga tertentu sering dikaitkan dengan musim di mana mereka mekar. Penggambaran bunga peony sering digunakan untuk mewakili esensi musim semi, yang juga terhubung dengan elemen kayu. Kayu terkait dengan kualitas kebaikan, fleksibilitas, pertumbuhan, dan kasih sayang. 

Peony dianggap sebagai bunga kerajaan romansa dan keanggunan serta salah satu bunga utama yang ditemukan dalam lukisan thangka Buddha tradisional.

Dalam lukisan thangka, Anda akan sering melihat dewa, seperti buddha atau bodhisattva, memegang satu atau lebih bunga peony.

Peony sering ditampilkan dalam tiga tahap berbeda. Pertama, kuncup mewakili kelahiran sesuatu yang baru. Kedua, pertengahan mekar mewakili momen saat ini. Ketiga, mekar penuh mewakili usia, kematian, juga kejatuhan. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Peony yang Penuh Sejarah dan Manfaat

Perkembangan ini juga merupakan siklus karena setelah kematian, Anda dilahirkan kembali. Ketiga fase ini juga terhubung dengan masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Dalam feng shui, bunga juga memiliki hubungan dengan ketidakkekalan karena begitu dipotong, bunga itu perlahan mati.

Peony juga dapat mewakili keberuntungan dan keinginan romantis dalam budaya tradisional Tiongkok. Bunganya yang penuh dan indah mewujudkan banyak gairah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com