Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2022, 17:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggonggong adalah bentuk komunikasi rutin yang dilakukan anjing, entah untuk menyampaikan keinginan, mendapatkan perhatian, atau melihat tamu atau orang asing di rumah.  

Meski ini adalah hal biasa, anjing menggonggong bisa membuat frustrasi bila tak juga berhenti, terutama pada jam-jam sunyi malam hari.  

Baca juga: 6 Alasan Anjing Melolong Seperti Serigala

Lantas, bagaimana cara menghentikan anjing menggonggong

Ada banyak cara menghentikan anjing menggonggong, tetapi pertama-tama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebab anjing menggonggong. Ini akan memudahkan Anda membuat anjing berhenti menggonggong. 

Beberapa penyebab anjing menggonggong meliputi melihat orang asing di pintu, orang berjalan melewati jendela, melihat burung atau kucing, juga mendapatkan perhatian pemiliknya.  

Selain itu, dibiarkan sendiri, merasa bosan, seseorang yang baru masuk ke rumah, serta sebuah mobil masuk ke jalan masuk rumah. 

Nah, dilansir dari Country Living, Kamis (1/9/2022), berikut cara menghentikan anjing menggonggong. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Yorkshire Terrier, Si Kecil yang Berani

Alihkan mereka dari menggonggong

Ilustrasi anjing Yorkshire terrier.Unsplash/susse_sus/likes Ilustrasi anjing Yorkshire terrier.
Bill Lambert, juru bicara Kennel Club, mengatakan alih-alih menghukum anjing peliharaan untuk sesuatu yang mereka tidak tahu itu salah, Anda harus mengalihkannya dari perilaku 'tidak diinginkan' dan menghargai mereka untuk perilaku yang baik,

Misalnya, anjing terus-menerus menggonggong, tindakan terbaik adalah menyela, kemudian mengalihkan perhatiannya dengan mainan atau permainan. 

"Setelah itu, menindaklanjuti dengan pujian dan anjing tidak lagi menggonggong." 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Raksasa Lembut dan Penolong 

Abaikan gonggongannya

Sering kali anak anjing menggonggong hanya untuk mendapatkan perhatian pemiliknya. Untuk itu, cara menghentikan anjing menggonggong adalah mengabaikannya sama sekali.

Dengan begitu, sahabat bulu akan menyadari bahwa gonggongan mereka tidak diperhatikan sehingga kemungkinan mereka akan berhenti. Begitu anjing peliharaan berhenti menggonggong, berikan mereka hadiah.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Great Dane, Sahabat Bulu Tertinggi di Dunia

Daftarkan mereka dalam pelatihan tambahan

Jika merasa anak anjing masih membutuhkan bantuan ekstra, ada banyak ahli yang tersedia untuk memandu Anda dan hewan peliharaan.

"Anjing yang berperilaku baik dan terlatih dengan baik pada akhirnya akan bahagia. Membawa anjing ikut kelas pelatihan adalah bagian penting dari kepemilikan anjing yang bertanggung jawab," imbuh Bill. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com