Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Bunga Krisan dan Asal Usulnya, Bisa Jadi Teh sampai Obat

Kompas.com - 28/07/2022, 11:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga krisan atau Chrysanthemums memiliki tampilan yang cantik dan menawan dengan aneka warna yang indah, dari merah, putih, pink, ungu, oranye, hingga kuning. 

Secara umum, bunga krisan telah lama dikenal melambangkan kesetian, kebahagiaan, persahabatan, kepercayaan, optimisme, serat umur panjang. 

Bunga yang termasuk dalam keluarga tanaman daisy (Asteraceae) ini memiliki batang herbal yang lembut, daun runcing dengan tepi halus atau bergerigi, dan kelopak bunga besar dengan beragam bentuk seperti pom-pom atau bulat, datar, melengkung, dan jarum atau laba-laba. 

Baca juga: 4 Cara Merawat Bunga Krisan agar Tumbuh Subur dan Terus Mekar

Asal usul bunga krisan

Ilustrasi bunga krisanShutterstock/Igor Lushchay Ilustrasi bunga krisan
Sama dengan jenis bunga lainnya, bunga krisan kaya akan sejarah. Dikutip dari Petal Republic, Kamis (28/7/2022), krisan telah lama menjadi bunga favorit ahli botani dan dibudidayakan di Cina pada awal abad ke-15 Sebelum Masehi.

Awalnya, bunga krisan tumbuh liar dengan menampilkan warna emas, tetapi pada 1630, lebih dari 500 kultivar bunga krisan telah diidentifikasi dan tercatat. 

Saat ini, diperkirakan ada lebih dari 20 ribu varietas krisan yang berbeda serta masing-masing indah dengan caranya sendiri. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Krisan, Bisa untuk Obat hingga Minuman

Tak hanya itu, dilansir dari Better Homes and Gardens, dalam budaya Tiongkok, bunga krisan menjadi salah satu dari empat tanaman mulia bersama bunga anggrek, bunga plum, dan bambu.

Keempat tanaman bunga ini dianggap mewakili empat musim serta kebajikan manusia. Krisan disebut melambangkan kemuliaan dan musim gugur, sesuai dengan waktunya bermekaran. 

Berkat varietas, warna, dan manfaatnya, bunga krisan telah berhasil masuk ke jantung toko bunga dan taman rumah di seluruh dunia. Anda juga dapat menemukan bunga krisan  sepanjang tahun.  

Baca juga: 7 Arti Bunga Krisan Berdasarkan Warnanya

Manfaat bunga krisan

Ilustrasi bunga krisan.Shutterstock/Tibesty Ilustrasi bunga krisan.
Selain kaya sejarah dan memiliki tampilan yang indah, bunga krisan dikenal serbaguna serta kaya manfaat manfaat selain sebagai dekorasi. Berikut sejumlah manfaat bunga krisan. Bunga-bunga ini berasal dari Asia Timur dan bagian Timur Laut Eropa,

  • Membuat teh, perasa makanan, dan sayuran

Bunga krisan putih dan kuning sering digunakan untuk membuat teh serta berbagai penambah rasa makanan. Daun bunga krisan juga bisa direbus atau dikukus untuk dimakan sebagai sayuran. 

Better Homes and Gardens menyebut teh bunga krisan adalah minuman populer yang diolah dari kepala bunga krisan kering. Teh dari bunga krisan sangat populer di Tiongkok serta menjadi minuman sehari-hari yang menyehatkan. 

Baca juga: 3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Bunga Krisan Berdasarkan Feng Shui

  • Mengendalikan hama

Selanjutnya, manfaat bunga krisan adalah membawa insektisida alami yang dapat mengusir serangga dan hama pengganggu. 

Minyak yang telah diekstrak dari bunga krisan telah digunakan sebagai insektisida atau senyawa untuk membunuh serangga selama berabad-abad.

Lihat saja kata “pyrethrum” dalam daftar komposisi pada semprotan serangga. Itu adalah salah satu bahan alami paling populer untuk membasmi serangga

Baca juga: Tertarik Budidaya Bunga Krisan? Simak, Begini Caranya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com