Kompas.com - 28/07/2022, 08:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda pecinta tanaman hias namun juga seorang perokok, barangkali Anda pernah bertanya-tanya tentang efek asap rokok terhadap tanaman.

Padahal, beberapa tanaman hias sering dianggap sebagai tanaman pembersih udara, yang digunakan untuk menjaga udara dalam ruangan lebih bersih, segar, dan bahkan menyaring racun.

Namun demikian, bagaimana sebenarnya dampak paparan asap rokok bagi tanaman? Dilansir Gardening Know How, Kamis (28/7/2022), berikut penjelasannya.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok di Ruangan Apartemen

Ilustrasi asap rokok di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/PETER PENZEL Ilustrasi asap rokok di dalam ruangan.

Apakah asap rokok memengaruhi tanaman?

Sebuah studi telah menemukan bahwa asap dari kebakaran hutan berdampak negatif pada pohon yang bertahan dari kebakaran besar. Asap tampaknya menurunkan kemampuan pohon untuk berfotosintesis dan tumbuh secara efisien.

Ada juga beberapa penelitian tentang bagaimana asap rokok memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan tanaman dalam ruangan.

Satu studi kecil menemukan bahwa tanaman yang terpapar asap rokok selama 30 menit per hari menumbuhkan lebih sedikit daun.

Banyak dari daun-daun itu menjadi kecoklatan dan mengering atau rontok lebih cepat.

Baca juga: Berapa Lama Asap Rokok Bertahan di Dalam Ruangan?

Studi tentang tanaman dan rokok masih terbatas, tetapi tampaknya setidaknya dosis asap yang terkonsentrasi dapat merusak.

Studi kecil ini membatasi tanaman di area kecil dengan rokok yang menyala, jadi mereka tidak benar-benar meniru seperti apa rumah yang sebenarnya dengan perokok.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.