Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2022, 08:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang mampu memelihara lebih dari satu kelinci, salah satunya karena tidak memiliki cukup ruang untuk menghadirkan kandang yang cukup besar.

Oleh karena itu, mereka terpaksa hanya memelihara satu kelinci. Namun, apakah memelihara kelinci sendirian dianjurkan? Apakah kelinci kesepian?

Baca juga: Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Ternyata, sahabat bulu ini bisa merasa kesepian jika dipelihara tanpa teman. Sebab, mereka adalah hewan yang sangat suka bersosialisasi, sehingga perlu hidup dengan teman-temannya.

Seperti dilansir Pet Keen, Jumat (2/9/2022), kelinci yang dipelihara sendirian memang tidak benar-benar merasa sedih.

Namun, pemilik harus meluangkan banyak waktu untuk mengajaknya bermain dan memberinya banyak perhatian.

Kenapa kelinci butuh teman?

Sikat yang lembut dan aman untuk kelinci sangat penting untuk menghilangkan bulunya ketika rontok.PIXABAY/REBEKKA D Sikat yang lembut dan aman untuk kelinci sangat penting untuk menghilangkan bulunya ketika rontok.

Seperti hewan lainnya, kelinci memiliki kebutuhan fisiologis dan sosial. Jika tidak terpenuhi, mereka dapat menyebabkan masalah perilaku.

Di sisi lain, tinggal bersama kelinci lain dan berbagi habitat yang sama dapat meyakinkan dan menstabilkan makhluk penakut ini.

Baca juga: Bolehkah Memandikan Kelinci Peliharaan?

Kelinci mudah ketakutan dan stres karena mereka adalah hewan mangsa. Mereka berbeda dengan kucing atau anjing yang merupakan hewan pemangsa.

Inilah sebabnya mereka lebih senang tinggal secara berkelompok di habitat aslinya, bahkan ketika berada di luar liangnya. Sebab, mereka mampu melihat kemungkinan bahaya dengan lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com