Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 01/08/2022, 14:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang gemar makan. Di sela-sela sesi makanan berat, mungkin kamu sering melihat kelinci mengunyah camilan.

Karena itu, kelinci peliharaan yang kurang nafsu makan menjadi hal mengkhawatirkan. Bahkan, kelinci yang tiba-tiba tidak mau makan menandakan hal cukup serius dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter hewan.

Baca juga: Ketahui, Ini Gejala Kelinci Kejang dan Penyebabnya

Namun, apa penyebab kelinci tidak mau makan? Apakah makanan yang diberikan berbeda dari sebelumnya atau berkaitan dengan kesehatannya?

Penyebab kelinci tidak mau makan

Makanan adalah salah satu aspek dalam cara merawat kelinci yang tentunya tak boleh dilewatkan. Beberapa makanan kelinci termasuk rumput hay, sayuran, dan pelet.PIXABAY/THOMAS_G Makanan adalah salah satu aspek dalam cara merawat kelinci yang tentunya tak boleh dilewatkan. Beberapa makanan kelinci termasuk rumput hay, sayuran, dan pelet.

Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (1/8/2022), penyebab kelinci tidak mau makan yang paling umum adalah masalah pencernaan ileus.

Ileus terjadi saat peristaltik normal berkurang atau berhenti. Adapun peristaltik adalah kontraksi pada usus yang mendorong makanan melalui saluran pencernaan.

Baca juga: Amankah Hanya Memberi Wortel untuk Makanan Kelinci Peliharaan?

Ileus adalah kondisi sangat berbahaya bagi kelinci peliharaan, bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

Biasanya, penyakit ini disebabkan masalah lain, termasuk abses di dalam atau sekitar tubuh, gigi yang tumbuh terlalu besar, penyakit gigi, dan penyakit neurologis lainnya.

Selain itu, ileus juga disebabkan adanya parasit usus dan parasit eksternal seperti kutu, penyakit sendi, perubahan lingkungan dan stres, serta penyakit saluran kemih.

Baca juga: 9 Fakta Unik Kelinci, dari Suka Wortel hingga Bisa Sebesar Balita

Kemudian kegagalan atau penyakit organ, penyakit menular, asupan serat yang tidak mencukupi, penyakit saluran pernapasan atas, tumor, serta keracunan.

Tanda-tanda penyakit ileus, salah satunya gigi seri atau gigi depan yang terlalu besar dan mudah dilihat hanya dengan mengangkat bibir kelinci. 

Sementara untuk beberapa tumor dan abses, mudah diidentifikasikan dengan mengelus kelinci untuk merasakan adanya benjolan.

Baca juga: Simak, Ini 4 Cara Memilih Kandang Kelinci

Kelinci hilang nafsu makan

Ilustrasi kelinciUnsplash/Gavin Allanwood Ilustrasi kelinci

Kelinci yang tidak menyentuh makanannya menjadi tanda jelas bahwa mereka kehilangan nafsu makan.

Perhatikan tanda-tanda kelinci tidak mau makan seperti berkurang atau tidak adanya kotoran dan penurunan ukuran kotoran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com