Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Bunga Matahari, Kesetiaan hingga Panjang Umur

Kompas.com - 01/09/2022, 19:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga matahari adalah salah satu bunga populer di dunia. Bunga ini memiliki penampilan yang mencolok, yakni warna kuning cerah dan ukuran bunga yang besar.

Namun, di balik kecantikannya, bunga matahari juga memiliki makna yang mendalam. Dikutip dari HGTV, Kamis (1/9/2022), arti bunga matahari bervariasi berdasarkan akar budaya dan keyakinan tertentu.

Akan tetapi, banyak aspek makna bunga matahari tetap konsisten dalam legenda dan mitologi.

Baca juga: Arti Bunga Matahari Berdasarkan Mitologi, Budaya, dan Seni

Ilustrasi bunga matahari.Unsplash/aaronburden Ilustrasi bunga matahari.

Apabila ditelisik dari nama latin bunga matahari, yakni Helianthus annuus, nama tersebut berasal dari bahasa Yunani "helios" yang artinya matahari dan "anthos" yang artinya bunga.

Kata "annuus" diterjemahkan sebagai tahunan, jadi terjemahan harfiah nama latin adalah bunga tahunan, deskripsi sempurna dari tanaman cantik ini.

Makna bunga matahari dalam berbagai budaya bertentangan dengan gagasan tahunan yang berumur pendek.

Di Tiongkok, misalnya, arti bunga matahari mencakup gagasan umur panjang dan umur panjang. Banyak masyarakat mengasosiasikan bunga matahari dengan keteguhan dan kesetiaan yang berkepanjangan, yang mencerminkan kecenderungan kuncup bunga untuk mengikuti matahari melintasi langit.

Baca juga: Mengenal Bunga Matahari, dari Asal Usul, Sejarah, Jenis, dan Manfaat

Mitologi Yunani merayakan dedikasi nyata bunga matahari kepada matahari dalam kisah peri air yang jatuh cinta pada dewa matahari, Apollo. Dalam pemujaannya pada Apollo, dia akan duduk di bumi dan menatap matahari (Apollo) hari demi hari.

Sementara Apollo tidak memperhatikan peri air, para dewa lain merasa kasihan padanya dan mengubahnya menjadi bunga matahari. Mitos ini menjelaskan mengapa kuncup bunga matahari selalu mengikuti matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com