Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Betulkah Jerami Alfalfa Pakan Terbaik untuk Kelinci Peliharaan?

Kompas.com - 30/08/2022, 15:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jerami bisa menjadi salah satu pakan untuk kelinci peliharaan selain wortel. Ada beberapa jerami yang bisa dikonsumsi kelinci, salah satunya alfalfa.

Menurut beberapa orang, jerami alfalfa adalah jenis pakan terbaik untuk kelinci peliharaan. Jerami alfalfa mudah ditemukan di toko hewan peliharaan, baik toko luring maupun daring.

Baca juga: Amankah Hanya Memberi Wortel untuk Makanan Kelinci Peliharaan?

Namun, Irma, salah satu anggota Teman Kelinci—organisasi edukasi non-profit yang bertujuan mengedukasi seputar kelinci peliharaan— mengatakan tidak selamanya jerami alfalfa bisa dikonsumsi kelinci peliharaan secara rutin, 

“Jenis jerami ada macam-macam seperti alfalfa dan timothy. Jerami alfalfa lebih untuk kelinci yang masih kecil atau sedang menyusui,” ujarnya kepada Kompas.com di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, baru-baru ini. 

Kelinci yang masih kecil adalah kelinci yang usianya di bawah enam bulan. Jika sudah berusia lebih dari enam bulan, Irma tidak menyarankan memberikan jerami alfalfa tinggi protein..

Baca juga: Selain Wortel, Ini 3 Jenis Makanan yang Bisa Diberikan pada Kelinci

Jika sedang mencari tahu cara merawat kelinci, pertimbangkan pula jenis mangkuk makanan dan air yang ditaruh di kandang kelinci.PIXABAY/SEKIMSENG Jika sedang mencari tahu cara merawat kelinci, pertimbangkan pula jenis mangkuk makanan dan air yang ditaruh di kandang kelinci.

Menurutnya, kelebihan protein pada kelinci dapat membuat tinja sahabat bulu menjadi sangat lembek.

“Di atas usia enam bulan, sebaiknya dikasih jerami timothy. Mereka bisa langsung dikasih, tetapi dianjurkan sudah dari kecil dilatih makan jerami ini biar terbiasa,” ucap Irma.

Cara melatih kelinci terbiasa dengan jerami timothy adalah mencampurnya dengan jerami alfalfa. Jika tidak dilatih, sahabat bulu akan kesulitan memakannya. 

Baca juga: 4 Faktor yang Mempengaruhi Usia Hidup Kelinci

“Bakal susah makan timothy karena sudah tahu rasanya alfalfa. Jadi, kelinci enggak mau dikasih makan timothy karena enggak ada rasanya,” sambungnya.

Dikutip dari Purina Mills, Selasa (30/8/2022), jerami alfalfa dan timothy sama-sama menjadi sumber pakan terbaik untuk kelinci peliharaan.

Namun, ada perbedaan cukup signifikan secara nutrisi. Jerami alfalfa mengandung konsentrasi protein dan kalsium yang lebih tinggi.

Baca juga: Alasan Kelinci Menggigit Pemiliknya dan Cara Mengatasinya

Disadur dari Rabbit Hole Hay, jerami alfalfa lebih baik diberikan untuk bayi kelinci antara usia tiga minggu dan tujuh bulan.

Jerami alfalfa bisa diberikan kepada kelinci yang menyusui dan kelinci tua yang memiliki masalah dalam menjaga berat badan konsisten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com