Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Lampu LED

Kompas.com - 30/08/2022, 14:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda masih menggunakan lampu pijar di rumah, maka saatnya mengganti dengan jenis lampu lain. Pasalnya, lampu pijar tidak hemat energi dan bisa berdampak pada tagihan listrik Anda.

Jika Anda belum beralih ke lampu LED, sekaranglah saatnya. Dikutip dari Cnet, Selasa (30/8/2022), lampu LED bertahan lebih lama, lebih lama daripada lampu pijar, dan memadamkan jumlah cahaya yang sama dengan menggunakan energi yang jauh lebih sedikit.

Lampu LED bagus untuk lingkungan, dan ini dapat menghemat uang untuk tagihan listrik Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: Kenapa Lampu LED Tiba-tiba Redup? Ini 6 Penyebabnya

Ilustrasi lampu LED. SHUTTERSTOCK/DKAI Ilustrasi lampu LED.

Selain itu, lampu LED memiliki banyak fitur menarik dan bermanfaat, termasuk lampu yang berubah warna, dan lampu yang sinkron dengan sistem keamanan rumah atau asisten suara pilihan Anda.

Membeli lampu LED yang tepat berbeda dengan membeli lampu pijar. Sebelum Anda pergi membeli lampu LED, ada lima hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Lumen, bukan watt

Saat membeli lampu atau bohlam, Anda mungkin terbiasa mencari watt sebagai indikasi seberapa terang bohlam tersebut. Itu karena dengan lampu pijar, watt adalah indikator yang dapat diandalkan tentang seberapa banyak cahaya yang akan dipancarkan bohlam.

Semakin besar watt bohlam, semakin besar filamen tungsten di dalamnya akan bersinar. Namun demikian, kecerahan lampu LED ditentukan sedikit berbeda.

Baca juga: Mengapa Penggunaan Lampu LED Lebih Hemat Energi? Ini Penjelasannya

Berlawanan dengan kepercayaan umum, watt bukanlah indikasi kecerahan, tetapi ukuran berapa banyak energi yang diambil bohlam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com