Kompas.com - 17/08/2022, 21:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu LED adalah jenis pencahayaan terbaik saat ini. Lampu LED bekerja optimal untuk pencahayaan di rumah, kantor, maupun industri.

Dikutip dari Lamp HQ, Rabu (17/8/2022), lampu LED dibuat untuk tahan lama dan sangat hemat energi. Jika Anda memilih lumen yang tepat, lampu LED seharusnya terang dan tidak ada masalah.

Akan tetapi, salah satu masalah yang kerap muncul adalah lampu LED tiba-tiba redup atau tidak terang.

Baca juga: Mengapa Penggunaan Lampu LED Lebih Hemat Energi? Ini Penjelasannya

Ilustrasi lampu LEDUnsplash/mehedi192 Ilustrasi lampu LED

Ada beberapa penyebab lampu LED tiba-tiba redup dan tidak terang. Misalnya, penggunaan atau pemasangan yang tidak tepat, kabel longgar, pencatu daya atau power supply yang tidak memadai.

Berikut beberapa penyebab lampu LED tiba-tiba redup atau tidak terang yang perlu diketahui.

1. Pencatu daya yang tidak tepat atau tidak memadai

Lampu LED tidak akan menyala terang pada output maksimumnya, bila ada pasokan listrik yang tidak tepat atau tidak memadai ke lampu. Biasanya lampu LED bekerja paling baik pada daya, tegangan, atau arus pengenal.

Ketika pencatu daya tidak sesuai dengan daya pengenal atau tegangan LED, lampu tidak akan memberikan kecerahan maksimumnya.

Baca juga: Ragam Keunggulan lampu LED yang Perlu Diketahui

Untuk mencapai kecerahan maksimum dengan lampu LED, Anda perlu mengetahui peringkat tegangan untuk rumah dan mendapatkan lampu LED yang tepat yang sesuai dengan peringkat ini. Hal ini berlaku untuk lampu yang beroperasi pada tegangan saluran.

Untuk LED tegangan rendah, Anda harus memilih pencatu daya yang benar.

Halaman:
Sumber Lamp HQ


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.