Kompas.com - 17/08/2022, 20:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain hewan pengerat seperti tikus, kecoak menjadi salah satu hewan yang kedatangannya sangat tidak ditunggu oleh penghuni rumah.

Kehadiran kecoak dapat membuat hunian terkesan kotor dan tidak terawat. Mereka pun cukup membahayakan kesehatan anggota keluarga.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Kecoak dari Rumah dengan Cepat

Manusia dapat keracunan makanan jika menyantap hidangan yang telah disinggahi serangga ini. Kecoak juga bisa memicu reaksi alergi dari alergen yang terdapat pada kotoran, tubuh, telur, dan air liurnya.

Ada berbagai cara untuk membasmi kecoak, salah satunya menggunakan semprotan pembasmi kecoak. Alat ini sangat berguna bagi mereka yang ingin membunuh kecoak tanpa menyentuh.

cara mengusir kecoak dari rumah dapat menggunakan bahan-bahan berupa pasta gigi, sabun cuci piring, dan jeruk nipis atau lemon.Shutterstock/PitukTV cara mengusir kecoak dari rumah dapat menggunakan bahan-bahan berupa pasta gigi, sabun cuci piring, dan jeruk nipis atau lemon.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022), ada semprotan pembasmi kecoak yang bisa dibuat sendiri di rumah. Apa saja?

1. Minyak esensial pohon teh

Minyak esensial pohon teh atau minyak pohon teh terkenal akan kemampuannya untuk membasmi serangga jenis apa pun, termasuk kecoak.

Baca juga: 7 Cara Mengusir Kecoak di Dapur Menggunakan Bahan Alami

Cara membuat semprotan pembasmi kecoak dari minyak pohon teh hanyalah dengan menyiapkan 59 mililiter minyak pohon teh, seperti dilansir Bug House Pest Control.

Masukkan ke dalam botol semprotan bersamaan dengan 473 mililiter air. Kocok hingga merata dan semprotkan di seluruh rumah.

2. Sabun cuci piring

Dikutip dari Tips Bulletin, campurkan satu sendok teh sabun cuci piring dan 236 mililiter air ke dalam botol semprotan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.