Kompas.com - 17/08/2022, 19:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tentang anjing penjaga, beberapa orang mungkin langsung mengira bahwa ras anjing terbaik adalah yang bertubuh tinggi dan besar.

Tidak jarang, orang-orang akan lebih memilih anjing seperti Doberman, German Shepherd, Bullmastiff, dan Staffordshire Bull Terrier.

Baca juga: 7 Ras Anjing Putih yang Populer dan Banyak Dipelihara

Namun, anjing penjaga tidak harus yang bertubuh tinggi dan besar, serta berperawakan yang “menyeranmkan”.

Dikutip dari Pet Helpful, Rabu (17/8/2022), ada lima ras anjing penjaga bertubuh kecil yang menggemaskan, tetapi tangguh,berani, dan siap menjagamu maupun rumahmu. Apa saja?

1. Lhasa Apso

Ilustrasi anjing Lhasa Apso.UNSPLASH / Gilson Gomes Ilustrasi anjing Lhasa Apso.

Lhasa Apso adalah anjing mungil yang sangat baik hati dan senang dipangku. Namun, mereka akan memperingatkanmu ketika mendengar orang asing, dan menjagamu seperti Rottweiler jika dibutuhkan.

Dahulu kala, Lhasa Apso digunakan sebagai anjing penjaga kuil-kuil suci oleh para biksu Buddha di Tibet karena kepribadiannya yang bisa menjadi galak. Anjing ini memiliki berat sekitar enam kilogram.

Mereka adalah anjing yang telah dibiakkan di Tibet selama ribuan tahun, dan merupakan salah satu anjing ras yang belum pernah dikawin silangkan dengan ras lainnya.

2. Boston Terrier

Boston Terrier adalah anjing mungil lainnya yang direkomendasikan oleh beberapa orang sebagai anjing penjaga.

Baca juga: 6 Warna Bulu Anjing Shih Tzu yang Beragam dan Lucu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.