Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Bersihkan Bantal Menguning Pakai Pemutih, Ini Cara yang Benar

Kompas.com - 29/08/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantal dan tempat tidur yang bersih dan rapi tentu saja berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Selain seprai dan selimut, kebersihan bantal juga perlu diperhatikan.

Seiring frekuensi penggunaannya, bantal seringkali menguning. Namun, sebenarnya apa penyebab bantal menguning dan bagaimana membersihkannya?

Dikutip dari Express.co.uk, Senin (29/8/2022), Molly Freshwater, pakar kamar tidur dan interior di Secret Linen Store menyatakan bahwa noda kuning pada bantal adalah hal biasa. Noda kuning pada bantal sebenarnya disebabkan oleh bahan kimia dalam keringat saat Anda tidur.

Baca juga: Tanda-tanda Bantal Harus Segera Diganti

Ilustrasi bantal busa.SHUTTERSTOCK / Vereshchagin Dmitry Ilustrasi bantal busa.

Menurut dia, karena berkeringat itu wajar saat Anda tidur, terutama dengan cuaca yang lebih hangat, menjaga kebersihan bantal dengan mencuci bantal yang sering dan benar, serta seprai, dapat membantu mencegah noda kuning.

Meskipun demikian, Freshwater memperingatkan agar tidak menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda ini untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Sangat penting untuk menghindari pemutih untuk membersihkan noda kuning. Sebab, pemutih dapat menyebabkan lebih banyak noda kuning karena bahan kimia dalam pemutih bereaksi dengan keringat Anda.

Sebaliknya, ia menyarankan menggunakan pemutih oksigen sebagai solusi pembersih yang lebih lembut. Pemutih oksigen yang dilarutkan dalam air, harus digunakan karena bisa lebih lembut daripada pemecah biasa, terutama untuk kain dan bahan alami.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda dan Bau pada Bantal Busa Memori

Pemutih ini bekerja dengan mengangkat noda dari kain dengan lembut. Rendam bantal dalam larutan tersebut semalaman, lalu cuci dan keringkan bantal sesuai petunjuk pencucian yang disarankan.

Sebelum itu, Anda harus melakukan prapencucian terlebih dahulu. Bersihkan area yang terkena noda dengan penghilang noda alami selama 15 menit, lalu membilas dan mengulanginya akan membantu menghilangkan seluruh noda setelah dicuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com