Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Teknik Pengendalian Gulma secara Mekanis yang Ramah Lingkungan

Kompas.com - 30/07/2022, 22:04 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengendalian gulma secara mekanis adalah sebuah cara untuk menghambat dan memutus siklus hidup gulma tanpa bahan kimia. Dengan demikian, pengendalian ini relatif lebih aman dibandingkan pengendalian menggunakan herbisida.

Cara pengendalian ini hanya mematikan gulma yang ada di area budidaya tersebut dan tidak menggangu tanaman utama. Tak hanya aman, biaya yang digunakan untuk pengendalian mekanis juga bisa diminmalisir.

Berdasarkan keterangan di Repositori Universitas Jember, dikutip pada Sabtu (30/7/2022), berikut beberapa teknik pengendalian gulma secara mekanis yang perlu diketahui.

Baca juga: Mengenal Herbisida Kimia, Formulasi, Kelebihan, dan Kekurangannya

1. Sistem olah tanah

Ilustrasi pengolahan lahanGoumbik Ilustrasi pengolahan lahan

Sistem olah tanah dengan menggemburkan lahan menjadi salah satu cara pengendalian gulma yang mudah dan sederhana. Pengolahan lahan ini dilakukan menggunakan alat-alat pertanian.

Sistem olah tanah dalam pertanian terbagi menjadi tiga jenis yaitu sistem olah tanah sempurna (OTS), tanpa olah tanah (TOT), dan olah tanah minimum (OTM). Ketiganya memiliki kelebihannya masing-masing.

Baca juga: Herbisida adalah Obat untuk Gulma, Begini Efeknya

  • Sistem olah tanah sempurna: pengolahan tanah secara intensif pada seluruh lahan budidaya. Sistem olah tanah ini biasanya dilakukan menggunakan garu. Alat tersebut bisa menekan pertumbuhan biji gulma dalam tanah.
  • Tanpa olah tanah: penanaman tanpa sistem olah tanah. Jadi, benih atau bibit tanaman langsung ditanam.
  • Sistem olah tanah minimum: sistem olah tanah dengan mengolah tanah seperlunya di bagian jalur-jalur yang akan ditanami. Teknik olah tanah ini bisa meningkatkan infiltrasi dan menurunkan evaporasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com