Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan Feng Shui yang Dapat Terjadi di Kamar Mandi

Kompas.com - 08/07/2022, 21:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki feng shui baik di setiap sudut rumah dapat membantu hunian dipenuhi energi positif dan membantu meningkatkan kesejahteraan anggota keluarga.

Ada beragam cara menjaga energi positif di dalam rumah tetap mengalir tanpa hambatan. Salah satunya, memperhatikan tata letak furnitur dan kebiasaan yang dilakukan saat berada di dalam ruangan.

Baca juga: 4 Aturan Penempatan Furnitur Menurut Feng Shui

Namun, seorang konsultan feng shui bersertifikat, Ping Deters, mengungkapkan ada satu ruangan yang kerap diabaikan perihal feng shui baik, yaitu kamar mandi.

Kamar mandi adalah salah satu pusat energi utama di rumah. Jadi, fokus pada ruangan ini penting untuk feng shui yang baik,” tuturnya, seperti disitat dari Mashburn Homes, Jumat (8/7/2022).

Seorang arsitek dan pendidik feng shui, Anjie Cho, menambahkan, dunia Barat saat ini menganggap kamar mandi sebagai tempat mewah dan relaksasi. 

Baca juga: 7 Tugas Membersihkan Rumah yang Harus Dilakukan Setiap Minggu

“Menjaga area ini tetap tenang dan seimbang dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan seseorang,” ujar Cho, yang juga berprofesi sebagai penulis “Holistic Spaces: 108 Ways to Create a Mindful and Peaceful Home”.

Namun, ada beberapa hal yang dapat menghilangkan keseimbangan kamar mandi tanpa disadari. Berikut beberapa kesalahan feng shui yang dapat terjadi di kamar mandi

Baca juga: 7 Jenis Ikan yang Cocok Dipelihara di Rumah Menurut Feng Shui

Membiarkan kloset duduk terbuka

Ilustrasi kamar mandi minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis.

Pelatih feng shui dan anggota International Feng Shui Guild, Kim Julen, mengatakan membiarkan kloset duduk terbuka tidak hanya jorok, tetapi juga mempengaruhi feng shui baik di kamar mandi.

Sebab, kloset adalah penguras energi positif terbesar di rumah. Untuk itu, pastikan selalu menutup kloset setiap selesai digunakan.

Menurut Julen, hal serupa juga perlu dilakukan pada saluran air pada bak mandi dan wastafel. Cobalah menggunakan penutup saluran berbahan plastik atau karet agar chi tidak keluar. 

Baca juga: 4 Ide Memilih Ubin untuk Kamar Mandi Kecil Tampak Besar dan Luas

Memiliki meja rias dengan dua cermin

Berbincang dengan pasangan sembari menyikat gigi bersama adalah hal menyenangkan. Namun, hal ini lebih mudah dilakukan saat meja rias memiliki satu cermin tepat di atas wastafel. 

Jika memiliki dua cermin, akan ada celah di antara dua benda ini. Cermin ini dapat mengarah pada getaran buruk dalam dunia feng shui.

“Dua cermin terpisah dapat menciptakan pemisah antara pasangan, tetapi satu cermin membuatmu tetap terhubung dan berkomunikasi,” jelas Julen.

Terkait dengan posisi menggantung cermin, Deters menyarankan tidak memposisikannya menghadap kloset karena dapat memperbesar getaran rendah atau menurunkan energi di dalam ruangan.

Baca juga: Tempat Tidur di Sebelah Pintu Tidak Baik Menurut Feng Shui?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com