Kompas.com - 08/07/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang mencuci adalah salah satu ruangan yang paling diabaikan di rumah sekaligus mengonsumsi banyak energi atau listrik.

Mesin cuci dan pengering adalah dua peralatan elektronik yang paling sering digunakan di rumah. 

Baca juga: 3 Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan Mesin Cuci

Money Crashers mengklaim bahwa rata-rata keluarga Amerika Serikat (AS) menghabiskan 400 cucian setiap tahun. Jumlah itu lebih dari satu beban setiap hari.

Karena itu, penting menciptakan ruang mencuci yang hemat energi. Ruang mencuci yang boros energi hanya akan menghasilkan tagihan listrik yang mahal. 

Untungnya, cukup mudah membuat ruang mencuci yang hemat energi, yang akan menghemat pengeluaran dan tagihan listrik.

Dilansir dari Moving, Jumat (8/7/2022), berikut tips menciptakan ruang mencuci yang hemat listrik

Baca juga: 5 Ide Mendesain Ruang Mencuci Kecil Tampak Efisien dan Menarik 

Membeli mesin cuci dan pengering bersertifikat Energy Star

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mesin pengering, ilustrasi ruang mencuci.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mesin pengering, ilustrasi ruang mencuci.
Cara terbaik menghemat tagihan listrik dan air setiap kali mencuci pakaian adalah menggunakan mesin cuci dan pengering bersertifikat Energy Star.

Menurut Department of Energy (DOE) AS, mesin cuci bersertifikat Energy Star menggunakan energi 25 persen lebih sedikit dan air 33 persen lebih sedikit daripada mesin cuci biasa.

Mesin cuci Energy Star dapat membantu pengguna menghemat biaya energi rata-rata US$370 atau sekitar Rp5 juta selama masa pemakaian. 

Begitu pun, pengering bersertifikat Energy Star menggunakan energi 20 persen lebih sedikit daripada pengering biasa dan menghemat biaya energi pengguna sebesar US$215 atau sekitar RP3 juta selama masa pemakaian. 

Halaman:
Sumber Moving.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.