Kompas.com - 03/07/2022, 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika datang ke kamar mandi, kebanyakan penghuni rumah menginginkan yang besar, megah, serta mewah dengan bathtub yang berdiri sendiri dan plafon tinggi.

Namun, kenyataannya sebagian besar rumah memiliki kamar mandi kecil. Namun, tak perlu pasrah menerima keadaan tersebut.

Rupanya, Anda dapat membuat kamar mandi kecil terlihat besar dengan memilih jenis ubin lantai dan dinding yang tepat. Ubin ini akan menciptakan ilusi ruang dan gaya sehingga membuat kamar mandi tampak luas. 

Nah, berikut tips memilih ubin untuk kamar mandi kecil tampak besar dan luas dilansir dari My Decorative, Minggu (3/7/2022). 

Baca juga: 4 Ide Mendesain Kamar Mandi Minimalis

Gunakan ubin cukup besar 

Ilustrasi kamar mandi kecilUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar mandi kecil
Ubin kamar mandi memiliki banyak variasi, dari ubin mosaik kecil hingga ubin besar, yang panjangnya bisa mencapai satu meter. 

Menggunakan ukuran ubin yang sangat besar bukan ide yang baik untuk kamar mandi kecil karena lantainya perlu banyak dipotong, yang pada akhirnya menghasilkan banyak sampah dan berpotensi mengganggu pola atau gaya.

Di sisi lain, ubin kamar mandi besar berukuran antara 30-60 sentimeter cenderung menciptakan perasaan lebih baik, yang sangat cocok untuk kamar mandi dengan ruang terbatas. 

Baca juga: 4 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Kamar Mandi

Jika ingin menggunakan ubin berukuran besar atau sedang, gunakan bentuk persegi dengan warna netral seperti putih atau abu-abu.

Bisa pula menggunakan ubin kecil, tetapi sebaiknya memilih yang berwarna terang dan jangan gunakan ubin dengan fitur pola yang substansial.

Jika ingin membuat dinding fitur yang menakjubkan di sekitar area cekungan, ubin mosaik adalah pilihan paling populer. Pilihan lainnya, ubin metro tiles. 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merenovasi Kamar Mandi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.