Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Dekorasi Kamar Tidur Remaja yang Nyaman dan Fungsional

Kompas.com - 18/06/2022, 15:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar tidur remaja bisa menjadi kegiatan yang menantang. Sebab, terkadang sulit menyeimbangkan desain kamar tidur yang diinginkan remaja dan orang tua.

Namun demikian, ada beberapa solusi dekorasi kamar tidur remaja yang dapat mengakomodir semua keinginan tersebut dan membuat remaja maupun orang tua bahagia.

Kimberly M Stone, pemilik firma desain interior Adore Your Décor dan penulis FabJob Guide to Become Home Stager or Redesigner, memberikan beberapa tips dekorasi kamar tidur remaja yang nyaman dan fungsional, seperti dikutip dari Love to Know, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: 4 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Kamar Tidur Bayi

Ilustrasi kamar tidur remaja putri.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kamar tidur remaja putri.

1. Desain kamar tidur sesuai fungsi

Yang terpenting, sebuah ruangan harus fungsional agar bisa bermanfaat. Remaja membutuhkan area belajar, tempat yang nyaman untuk beristirahat di malam hari, dan banyak pilihan penyimpanan.

"Investasilah pada beberapa furnitur yang memiliki nuansa dewasa, sehingga anak remaja Anda tidak akan melampaui dekorasi ruangan dalam beberapa tahun," kata Stone.

"Perabotan ini bahkan bisa menjadi sesuatu yang mereka bawa nanti ke perguruan tinggi atau apartemen pertama mereka," tutur dia.

Saat memikirkan penyimpanan, coba sertakan opsi penyimpanan terbuka dan tertutup di kamar remaja. Rak buku, penyimpanan di bawah tempat tidur, rak apung, dan tempat penyimpanan atau keranjang adalah solusi yang baik untuk menampung sebagian besar barang.

Baca juga: Feng Shui Larang Rak Sepatu Diletakkan di Kamar Tidur, Ini Alasannya

2. Menciptakan kamar tidur dengan kepribadian

Skema warna cenderung menjadi salah satu titik perselisihan yang paling umum antara remaja dan orang tua. Remaja sering ingin mengecat kamar tidur dengan warna-warna cerah dan berani, sementara orang tua cenderung lebih memilih warna yang lebih lembut.

Stone berpendapat, cara terbaik untuk menangani ini adalah dengan berkompromi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com