Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit Pohon Buah untuk Penghijauan dan Peningkatan Ekonomi Warga Papua

Kompas.com - 18/06/2022, 12:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pedalaman Papua, salah satunya melalui penghijauan.

Tunas Sawa Erma (TSE) Grup melalui anak perusahaannya PT Papua Agro Lestari (PAL) melakukan kegiatan penyerahan dan penanaman bibit pohon buah-buahan kepada masyarakat pedalaman Dusun Guiss-Rawa Kasat, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, pada Rabu (15/6/2022) lalu.

Kegiatan ini dapat membantu pelestarian lingkungan mengingat wilayah Papua merupakan wilayah yang tergolong sangat gersang. Selain itu, kegiatan penghijauan ini juga sekaligus meningkatkan sentra ekonomi masyarakat.

Baca juga: Asabri Dukung Pelestarian Lingkungan dengan Gerakan Menanam Pohon

Ilustrasi tanaman sirsak, daun sirsak. SHUTTERSTOCK/LIBOR FOUSEK Ilustrasi tanaman sirsak, daun sirsak.

Bibit pohon buah yang diserahkan terdiri dari buah sirsak sebanyak 10 bibit, jambu mete 10 bibit, durian 25 bibit, dan jeruk 25 bibit. Bibit buah-buahan ini ditanam di lahan yang sudah disediakan oleh masyarakat setempat.

Bantuan ini tentu memberikan dampak positif dari segi pelestarian lingkungan, menambah penghasilan masyarakat, menciptakan sumber pangan dan juga meningkatkan kesejahteraan dusun.

Penghijauan yang dilakukan akan berdampak jangka panjang sehingga kedepannya akan memiliki nilai jual yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat setempat serta keadaan dusun juga tidak lagi gersang.

“Saya berharap hasil dari penanaman bibit pohon buah dapat bermanfaat bagi masyarakat Dusun Guiss, dan perusahaan akan selalu mendukung kegiatan yang dilakukan masyarakat,” tutur Seo Min Woo, manajer umum PAL dalam siaran pers, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: Mowilex Kembali Tanam 10.000 Bibit Mangrove di Langkat

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan berkeinginan mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Glenn Maikuin, Kepala Dusun Guiss sekaligus perwakilan dari masyarakat menyampaikan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com