Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Tablet Pencuci Piring untuk Keperluan Rumah Tangga

Kompas.com - 16/06/2022, 14:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com – Umumnya, orang-orang menggunakan sabun cuci piring berbentuk cair untuk mencuci piring. Namun, ada jenis sabun lain yang bisa digunakan, yakni tablet pencuci piring.

Tablet pencuci piring berukuran kecil, umumnya berbentuk kotak, dan bertekstur padat. Tablet pencuci piring ini kerap digunakan untuk mencuci peralatan dapur menggunakan mesin pencuci piring.

Baca juga: Cara Membersihkan Sol Sepatu Kuning dengan Sabun Cuci Piring dan Odol

Akan tetapi, dilansir Hunker, Kamis (16/6/2022), tablet pencuci piring ternyata memiliki banyak kegunaan selain mencuci piring. 

Berikut sejumlah manfaat lain tablet pencuci piring untuk keperluan rumah tangga. 

Membersihkan kloset

Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.

Untuk mempercepat proses membersihkan kloset, Anda bisa menggunakan tablet pencuci piring.

Caranya, cukup masukkan tablet pencuci piring ke kloset. Setelah larut, gosok mangkuk kloset dan seluruh permukaan. 

Baca juga: Catat, 8 Benda di Rumah Ini Lebih Kotor dibanding Kloset

Membersihkan pakaian putih

Alih-alih menggunakan detergen untuk mencuci pakaian putih, cobalah tablet pencuci piring. Tablet ini dapat mengangkat kotoran seperti noda kopi serta sebagian besar noda kuning yang berasal dari keringat dan deodoran. 

Namun, perlu diketahui, hindari menggunkan tablet pencuci piring dari pakaian berwarna atau pakaian yang materialnya mudah rusak.

Baca juga: Cara Membasmi Rumput Liar dengan Garam dan Sabun Cuci Piring

Membersihkan mesin cuci

Tablet pencuci piring dapat dimanfaatkan sebagai pembersih mesin cuci. Caranya, masukkan satu tablet pencuci piring ke tabung mesin cuci dan nyalakan siklus pencucian dengan suhu paling panas.

Tablet ini dapat membantu menghilangkan penumpukan kotoran apa pun di dalam tabung mesin cuci.

Mencuci peralatan dapur

Ilustrasi tablet pencuci piring.SHUTTERSTOCK / Aleksandr Gogolin Ilustrasi tablet pencuci piring.

Untuk peralatan dapur yang memiliki noda atau residu makanan gosong, rendam peralayan dalam air panas yang berisi tablet pencuci piring.

Biarkan peralatan dapur terndam selama dua hingga tiga jam sembari tablet larut untuk melonggarkan noda yang menempel. Setelah itu, cuci peralatan dapur seperti biasa.

Baca juga: Catat, 7 Benda Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Membersihkan wastafel dapur

Jika wastafel mulai kotor dan kusam, tutup saluran pembuangannya, lalu isi baskom wastafel dengan  air panas, dan tambahkan satu tablet pencuci piring.

Biarkan tablet larut di air sembari mendiamkan wastafel selama beberapa jam atau semalaman, lalu keringkan dan bilas wastafel.

Tablet ini dapat membantu menghilangkan noda minyak, residu makanan, bahkan noda gores. Metode ini bisa diterapkan di seluruh wastafel, termasuk wastafel stainless steel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com