Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 10/01/2022, 07:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabun cuci piring memang dibuat untuk bekerja secara efektif membersihkan peralatan masak dan peralatan makan. Namun, tidak hanya itu, sabun cuci piring juga ampuh membersihkan benda-benda lainnya di rumah.

Sabun cuci piring pun secara efektif menghilangkan berbagai noda yang menempel pada benda di dalam rumah. Anda dapat menggunakan sabun cuci piring saja atau mencampurkannya dengan bahan lainnya, seperti cuka.

Dikutip dari The Kitchn, Senin (10/1/2022), berikut beberapa benda di rumah yang dapat dibersihkan dengan sabun cuci piring.

Baca juga: Solusi Mudah untuk Menghilangkan Noda di Dinding

Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan. SHUTTERSTOCK/DUANGJAN J Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.

1. Noda minyak pada pakaian

Percikan minyak di celemek, tetesan minyak di bagian depan kemeja, noda lip gloss atau lipstik di kerah pakaian dapat dibersihkan dengan sabun cuci piring. Cukup aplikasikan sedikit sabun cuci piring, gosokkan, dan biarkan semalaman.

Cuci seperti biasa dan nodanya akan hilang. Metode ini juga berfungsi sebagai pra-perawatan untuk noda makanan yang tidak berminyak.

2. Peralatan stainless steel

Pertama-tama bersihkan peralatan stainless steel dengan kain basah untuk menentukan arah butiran stainless steel. Anda akan melihat garis-garis samar mengalir dari atas ke bawah atau dari sisi ke sisi.

Aplikasikan beberapa tetes sabun cuci piring di atas lap basah, busakan, dan usap di sepanjang butiran untuk menghilangkan sidik jari dan noda yang lengket. Menyeka di sepanjang butiran membersihkan lebih baik dan mencegah bekas goresan.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Urine dan Kotoran Hewan Peliharaan Pakai Cuka

Ikuti dengan kain lembap bersih untuk menghilangkan residu dan kain kering untuk mengeringkan peralatan. Sebaiknya gunakan kain mikrofiber.

3. Noda lemak pada lemari dapur

Kekuatan menghilangkan lemak yang dimiliki sabun cuci piring bekerja dengan baik pada lemari dapur yang terkena noda lemak. Semprotkan sedikit pada spons basah, busakan, dan bersihkan kotoran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com