Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 17/10/2021, 17:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabun cuci piring sangat bagus untuk membersihkan peralatan makan dan masak lainnya karena dapat menghilangkan minyak dan membuat semuanya lebih bersih.

Akan tetapi, melansir dari The Kitchn, Minggu (17/10/2021), ada beberapa hal yang tidak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring seperti berikut ini.  

Baca juga: Cara Membasmi Hama Tanaman Tomat dengan Sabun Cuci Piring 

Mencuci wajan besi cor

Aturan ini secara teknis sering diperdebatkan. Beberapa ada yang menyebut mencuci wajan besi cor dengan sabun cuci piring baik, tapi sebagian yang lain tidak. 

Jika ingin menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci wajan, hindari menggunakannya terlalu sering. Sebagai gantinya, gunakan minyak dan garam. 

Baca juga: Cara Menggunakan Sabun Cuci Piring untuk Membasmi Hama Tanaman 

Mesin pencuci piring

Anda mungkin tergoda untuk memasukkan sabun cuci piring ke mesin pencuci piring jika kehabisan detergen pencuci piring, tetapi jangan melakukannya.

Meski keduanya dapat membersihkan piring, formulanya benar-benar berbeda dan campuran sabun cuci piring yang sangat berbusa dapat merusak mesin atau paling tidak menyebabkan gelembung yang keluar dari mesin pencuci piring. 

Baca juga: Cara Memperbanyak Sekaligus Menghemat Sabun Cuci Piring 

Dimasukkan ke mesin cuci

Sabun cuci piring tidak diformulasikan untuk digunakan pada mesin cuci. Menggunakannya untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci dapat menyebabkan lebih banyak busa daripada yang dapat ditangani omesin Anda.  

Namun, sabun cuci piring tidak masalah digunakan untuk membersihkan noda pada kain yang lebih kuat, tetapi bukan yang halus seperti sutra.  

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Daun pada Tanaman Cabai, Pakai Sabun Cuci Piring

Mencuci mobil 

Cat mobil Anda terlihat kuat, tetapi sebenarnya agak lemah. Menggunakan pembersih yang keras seperti sabun cuci piring dapat menghilangkan lapisan akhir sehingga membuatnya lebih rentan mengalami kusam.   

Mencampur dengan pemutih

Selain pada beberapa permukaan, sabun cuci piring juga tidak boleh dicampur dengan pemutih karena kombinasi keduanya dapat menjadi racun. Selain itu, hindari juga mencampur sabun cuci piring dengan amonia atau pembersih lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com