Kompas.com - 16/07/2021, 09:39 WIB
Ilustrasi tomat, menanam tomat. UNSPLASH/LEWIS WILSONIlustrasi tomat, menanam tomat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman tomat tidak kebal terhadap serangan hama tanaman. Kutu daun, tungau, kutu putih dan serangga bertubuh lunak lainnya memakan daun dan batang tomat (Solanum lycopersicum) dengan menyedot getah dari dedaunan.

Meskipun populasi hama yang kecil tidak akan menyebabkan kerusakan yang berlebihan, mereka dapat menyebarkan penyakit virus dan bakteri ke tanaman tomat yang sehat.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (16/7/2021), sabun insektisida buatan sendiri menjadi metode pengendalian hama berbiaya rendah yang tidak membahayakan tanaman dan hewan, membuatnya lebih aman daripada pestisida yang mengandung lebih banyak bahan kimia.

Baca juga: 3 Masalah yang Sering Dialami Tanaman Tomat dan Cara Mencegahnya

Jika dibuat dan digunakan dengan benar, semprotan sabun tidak membahayakan tomat Anda, tetapi membasmi hama. Berikut cara membuat insektisida untuk tanaman tomat dari sabun cuci piring.

Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat. UNSPLASH/CESAR FERNANDES Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.

Pertama, isi botol semprot besar dengan 1 liter air keran. Tambahkan setengah sendok makan minyak sayur ke dalam air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, tambahkan setengah hingga tiga perempat sendok makan sabun cuci piring cair atau sampo bayi ke dalam air.

Jangan gunakan sabun yang dibuat untuk mesin pencuci piring otomatis, dan hanya gunakan sabun ringan bebas pewangi dan nondeterjen yang tidak mengandung bahan antibakteri.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Tomat Ceri di Pot

Pasang tutup pada botol semprot dan kocok perlahan untuk menggabungkan semua bahan. Beri label pada botol semprot dengan isinya.

Semprot bagian tanaman tomat yang terkena dengan sabun insektisida di pagi hari atau pada hari berawan. Kebanyakan hama berkumpul di bagian bawah daun.

Oleskan kembali sabun setiap lima sampai tujuh hari sampai hama hilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.