Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2021, 07:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah berarti juga harus memperhatikan berbagai risiko yang dapat menyerang, seperti hama dan penyakit. Serangan penyakit bisa merusak tanaman sayuran, bahkan hingga menyebabkan kematian.

Pada tanaman tomat, penyakit yang disebabkan oleh jamur dapat menyerang daun, batang, akar dan buah, membuat tanaman kerdil, lemah, rusak, dan mati.

Penyakit jamur yang disebarkan oleh spora terbawa angin ke tanaman tomat yang tidak terinfeksi dan spora tepung kecil yang dihasilkan oleh jamur sering terlihat seperti bintik karat. Jamur penyebab penyakit berkembang biak dalam cuaca lembab, menghasilkan lebih banyak spora.

Baca juga: 5 Jamur yang Sering Menyerang Tanaman Cabai, Bisa Bikin Layu dan Mati

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (24/5/2021), berikut beberapa jamur yang sering menyerang tanaman tomat dan cara menanganinya.

Ilustrasi tomat ceri. PIXABAY/CJ Ilustrasi tomat ceri.

1. Busuk daun

Penyakit busuk daun disebabkan oleh jamur Phytophtheora infestans. Penyakit ini lazim menyerang tanaman tomat di lokasi dengan kelembaban tinggi dan periode suhu dingin.

Infeksi dimulai sebagai bintik-bintik basah pada daun dan batang dan dengan cepat menyebar, menciptakan bercak hitam keunguan pada daun, batang dan buah tomat.

Penyakit busuk daun dapat menyebabkan kerugian parah pada tanaman tomat dan menyebar dengan mudah dari kentang dan tanaman tomat yang terinfeksi.

Baca juga: 5 Obat untuk Penyakit Jamur pada Tanaman, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Pembersihan, membuang kotoran dan tanaman yang terinfeksi, serta fungisida dapat mengendalikan penyakit ini.

2. Bercak kering Alternaria

Penyakit bercak kering Alternaria adalah penyakit pada tomat yang disebabkan oleh jamur Alternaria solani. Penyakit ini ditandai dengan bercak cokelat dan hitam pada daun bagian bawah tanaman tomat dan daun yang rontok terlalu dini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com