Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2021, 22:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membersihkan kamar mandi, keset menjadi salah salah benda yang kerap terlupakan untuk dibersihkan. Padahal, keset termasuk benda utama di kamar mandi yang sering digunakan.

Perlu diketahui bahwa keset kamar mandi sebenarnya bisa menjadi magnet bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Hal ini tak lain karena keset kerap terpapar air dan kotor. 

Baca juga: Cara Mencuci Keset Dapur agar Bersih dan Tidak Bau

Itulah mengapa para ahli mengatakan bahwa menjaga kebersihan keset adalah kuncinya. Karena itu, penting untuk rutin membersihkan keset kamar mandi.

Melansir dari laman Martha Stewart, Kamis (15/7/2021), seberapa sering perlu mencuci keset kamar mandi tergantung pada beberapa faktor seperti berapa banyak orang yang tinggal di rumah, jumlah kamar mandi yang dimiliki, dan situasi aliran udara di kamar mandi. 

Baca juga: Kerap Terpapar Kotoran, Kapan Keset Harus Dicuci dan Diganti?

Ruang tanpa ventilasi dan lebih lembap membuat segala yang berada di dalam kamar mandilebih rentan terhadap jamur.

Namun, April Sargies, pendiri Cloth Bristle dan pemilik The Neat Nest, mengatakan aturan praktis yang baik adalah mencuci keset kamar mandi setidaknya setiap dua minggu.

Baca juga: Simak, Langkah Membersihkan Keset Kaki 

Akan tetapi, apabila melihat atau mencium tanda-tanda kotoran atau jamur, mungkin sudah saatnya b memasukkan keset ke mesin cuci Anda," kata Sargies.

Keset kamar mandi yang tidak segera dibersihkan sudah pasti membahayakan kesehatan lantaran jamur berbahaya dan bakteri akan terus tumbuh. 

Baca juga: 6 Jenis Tanaman yang Dapat Diletakkan di Kamar Mandi Sesuai Cahaya

Perhatikan material keset saat mencuci

Ketika mencuci keset, material keset turut menentukan metode pembersihan. Untuk plastik, Sargies menyarankan mencucinya menggunakan pembersih disinfektan. Untuk material kayu dan bambu, gunakan produk berbahan dasar cuka atau alami.

Ia juga menyarankan untuk membalik keset kamar mandi non-kain sehingga dapat menggosok semua celah, sudut, dan celah di bagian bawah. "Biarkan keset mengering di area yang berventilasi baik atau di luar ruangan setelah dibersihkan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com