Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Sering Harus Mencuci Keset Kamar Mandi?

Perlu diketahui bahwa keset kamar mandi sebenarnya bisa menjadi magnet bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Hal ini tak lain karena keset kerap terpapar air dan kotor. 

Itulah mengapa para ahli mengatakan bahwa menjaga kebersihan keset adalah kuncinya. Karena itu, penting untuk rutin membersihkan keset kamar mandi.

Melansir dari laman Martha Stewart, Kamis (15/7/2021), seberapa sering perlu mencuci keset kamar mandi tergantung pada beberapa faktor seperti berapa banyak orang yang tinggal di rumah, jumlah kamar mandi yang dimiliki, dan situasi aliran udara di kamar mandi. 

Ruang tanpa ventilasi dan lebih lembap membuat segala yang berada di dalam kamar mandilebih rentan terhadap jamur.

Namun, April Sargies, pendiri Cloth Bristle dan pemilik The Neat Nest, mengatakan aturan praktis yang baik adalah mencuci keset kamar mandi setidaknya setiap dua minggu.

Akan tetapi, apabila melihat atau mencium tanda-tanda kotoran atau jamur, mungkin sudah saatnya b memasukkan keset ke mesin cuci Anda," kata Sargies.

Keset kamar mandi yang tidak segera dibersihkan sudah pasti membahayakan kesehatan lantaran jamur berbahaya dan bakteri akan terus tumbuh. 

Perhatikan material keset saat mencuci

Ketika mencuci keset, material keset turut menentukan metode pembersihan. Untuk plastik, Sargies menyarankan mencucinya menggunakan pembersih disinfektan. Untuk material kayu dan bambu, gunakan produk berbahan dasar cuka atau alami.

Ia juga menyarankan untuk membalik keset kamar mandi non-kain sehingga dapat menggosok semua celah, sudut, dan celah di bagian bawah. "Biarkan keset mengering di area yang berventilasi baik atau di luar ruangan setelah dibersihkan," ucapnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/15/224948876/seberapa-sering-harus-mencuci-keset-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke