Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2021, 20:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di masa pandemi virus corona (Covid-19), orang-orang semakin sadar akan pentingnya membersihkan rumah dari kotoran, kuman, dan bakteri.

Perlu disadari, menjaga rumah Anda bersih dan rapi adalah sesuatu yang sebenarnya dimulai dari pintu depan. Menurut Jenna Arkin, vice president of innovation di ECOS, menggunakan keset adalah langkah awal yang baik dalam memerangi pasir, kotoran, dan kuman.

"Jika digunakan dengan benar, keset bisa menjadi garis pertahanan pertama untuk masuknya kotoran dan tanah. Semua kotoran yang terserap oleh keset adalah kotoran yang tidak perlu Anda bersihkan dari lantai Anda," kata Arkin seperti dikutip dari Martha Stewart, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: 5 Benda yang Paling Banyak Menyimpan Kuman di Rumah

Arkin memberikan sejumlah cara membersihkan keset secara rutin agar kuman, kotoran, dan bakteri tidak masuk ke area rumah.

1. Bersihkan keset secara rutin

Arkin menyarankan untuk mencuci keset setidaknya sekali seminggu. Untuk saat-saat tertentu, misalnya ketika banyak angin atau frekuensi lalu lalang anggota keluarga sedang tinggi, cuci keset setidaknya seminggu dua kali.

Semakin bersih keset Anda dari kotoran, semakin baik tampilan lantai Anda.

"Keset yang bersih dapat mengumpulkan lebih banyak kotoran, dan keset yang bersih memastikan tidak ada kotoran baru saat Anda memasuki rumah," jelas Arkin.

Baca juga: Usir Kuman dan Bakteri dengan Bahan di Rumah, Pemutih hingga Setrika

2. Langkah pembersihan ekstra

Meskipun air saja dapat secara efektif membersihkan keset dari kotoran dan kotoran yang berlebih, langkah tambahan terkadang diperlukan. Jika keset sangat kotor, Anda dapat menggunakan deterjen ekstra untuk memberikan pembersihan lebih optimal.

"Saya merekomendasikan pembersihan menyeluruh, baik dengan deterjen tambahan atau mesin cuci. Ini memastikan kotoran hilang dan tidak terbawa ke dalam rumah," ujar Arkin.

3. Jangan pakai sepatu di dalam rumah

Sebagai tips tambahan, Arkin merekomendasikan untuk melepas sepatu saat berjalan di rumah. Rumah tanpa sepatu, kata dia, adalah rumah yang bersih.

"Meninggalkan sepatu tepat di dalam pintu setelah menggunakan keset memastikan Anda tidak melacak kotoran dan tanah berlebih di dalam rumah," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com