Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan Desain Kamar Mandi yang Tidak Perlu Diikuti

Kompas.com - 15/07/2021, 11:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kesalahpahaman yang diyakini banyak orang bahwa kamar mandi harus berwarna putih, membosankan, dan sederhana. Namun, Anda bisa melupakan aturan dan stereotip tersebut, serta kreatif dalam dekorasi kamar mandi.

Jelas ada aturan fungsional yang harus diikuti oleh kamar mandindan fasilitas dasar yang diperlukan, tetapi banyak juga aturan-aturan desain kamar mandi yang sebetulnya kurang masuk akal. Aturan ini pun selalu bisa Anda dobrak dengan kreativitas.

Jika Anda merencanakan renovasi kamar mandi, atau hanya mencari beberapa ide sederhana untuk memadukan suasana, mengapa tidak berkreasi dengan dekorasi kamar mandi?

Baca juga: 8 Masalah yang Kerap Terjadi di Kamar Mandi dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari Women's Weekly Singapore, Kamis (15/7/2021), berikut beberapa aturan desain kamar mandi yang tidak perlu diikuti.

1. Bak mandi atau bathtub harus selalu putih

Sebagian besar bathtub atau bak mandi berwarna putih, sehingga sulit untuk mendapatkan bak mandi berwarna cerah. Akan tetapi, bathtub berwarna hitam atau warna gelap lainnya dapat membuat pernyataan yang berani.

Namun demikian, hal yang terbaik adalah tetap menggunakan warna dan bentuk modern untuk menghindari bentrok dengan ubin dan sentuhan akhir pada keran.

2. Jendela kamar mandi harus buram

Jika Anda bisa melihat ke dalam rumah tetangga saat membuka jendela kamar mandi, kaca buram adalah ide yang bagus.

Baca juga: Cara Membuat Kamper Kamar Mandi Awet dan Lebih Wangi

Tetapi, jika Anda cukup beruntung untuk memiliki pemandangan yang relatif tertutup, maka memasang kaca biasa di jendela tidak hanya memberi cahaya alami yang indah, tetapi juga dapat memberikan gambaran yang selalu berubah yang membawa bagian luar ke dalam.

3. Kamar mandi mewah harus ada bathtub

Orang-orang menghabiskan begitu banyak waktu untuk memikirkan bathtub mana yang harus dibeli ketika merencanakan kamar mandi, namun berapa banyak waktu yang akan mereka habiskan di dalamnya?

Berinvestasilah pada kamar mandi berkualitas terbaik yang sesuai dengan anggaran Anda. Lagi pula, Anda akan menghabiskan banyak waktu di dalamnya.

Anda tetap dapat membuat kamar mandi Anda menjadi mewah dengan tirai pancuran yang ramping, baki pancuran yang besar, dan pencahayaan kamar mandi bergaya spa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com