Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Membersihkan Jamur pada Nat Keramik Kamar Mandi

Kompas.com - 03/07/2021, 10:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap, sehingga tidak heran jika kamar mandi menjadi salah satu lokasi favoritnya.

Spora jamur suka tumbuh di nat atau bahan berpori di antara keramik kamar mandi. Ketika jamur tersebut tumbuh di nat keramik kamar mandi, akan ada noda yang tertinggal.

Seperti yang dilansir dari Hunker, Sabtu (3/7/2021), perubahan warna abu-abu atau hitam tidak hanya terlihat tidak sedap dipandang, tetapi jamur juga dapat memicu alergi pada orang yang sensitif.

 

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Jamur dari Dinding

Berikut cara untuk membersihkan nat menggunakan bahan alami agar terhindari dari jamur.

Membersihkan noda jamur ringan

Jika nat dipenuhi oleh jamur namun masih ringan atau sedikit, Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut ini;

  • Gunakan cuka: Campurkan cuka putih sulingan dan air hangat dalam jumlah yang sama dalam botol semprot kecil. Semprotkan larutan langsung ke nat yang bernoda.
  • Diamkan: Kemudian, biarkan larutan cuka selama lima hingga 10 menit. Ini memberikan waktu asam ringan dalam cuka untuk menembus dan melarutkan spora jamur.
  • Gosok nat: Lalu, gosok nat dengan sikat sampai noda jamur hilang. Bilas area yang dirawat secara menyeluruh dengan air hangat untuk menghilangkan semua residu cuka. Keringkan area yang dirawat dengan kain bersih.

Baca juga: 4 Cara agar Jamur dan Kutu Tak Merusak Makanan di Dapur

Menghilangkan noda jamur sedang

Ketika noda jamur lebih membandel dan tidak bisa dihilangkan dengan cara tersebut, gunakan cara berikut ini:

  • Gunakan baking soda atau soda kue: Tuangkan tiga cangkir baking soda atau soda kue ke dalam wadah berukuran sedang. Tambahkan sekitar satu cangkir air hangat, atau cukup untuk membuat pasta kental. Aduk hingga rata.
  • Oleskan dan gosok: Oleskan pasta langsung ke nat yang berjamur. Gunakan sikat gosok atau sikat gigi bekas untuk mengoleskan pasta ke celah nat.
  • Gunakan cuka: Semprotkan cuka putih suling murni langsung ke pasta. Tunggu hingga campuran berhenti berbusa, lalu gosok area tersebut dengan gerakan memutar hingga tidak ada lagi jamur yang tersisa.
  • Bersihkan: Bersihkan pasta dari nat menggunakan kain lembap dan bersih. Bilas area tersebut dengan air bersih untuk menghilangkan residu yang tersisa. Keringkan bagian yang dirawat dengan handuk bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com