Kompas.com - 02/07/2021, 21:45 WIB
Ilustrasi pintu garasi Unsplash/Kevin WolfIlustrasi pintu garasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu garasi adalah benda utama dan penting yang ada di garasi. Sama dengan pintu rumah, kegunaan pintu garasi sebagai jalan untuk kendaraan dan orang keluar-masuk sekaligus keamanan.

Karena itu, penting untuk memilih pintu garasi yang berkualitas, baik dari material maupun model. Pintu garasi yang bagus akan bertahan sampai beberapa dekade, bahkan mungkin seumur hidup. 

Baca juga: 5 Cara Membereskan Garasi yang Kerap Jadi Tempat Penyimpanan Barang

Jadi, masuk akal untuk menghabiskan sedikit waktu, usaha ekstra, dan biaya untuk memilih atau membeli pintu garasi terbaik.

Namun, sebelum membeli, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut ini lima hal yang perlu diketahui sebelum membeli pintu garasi dilansir dari laman Family Handyman, Jumat (2/6/2021). 

Baca juga: 4 Cara Inovatif dan Kreatif untuk Mendekorasi Garasi di Rumah

Dapatkan penawaran langsung

Setiap garasi di masing-masing rumah memiliki perbedaan. Tenaga penjual yang berpengetahuan luas akan memeriksa detail seperti ukuran dan bentuk bukaan, ruang kepala, dan ruang samping, bahkan membantu Anda membuat keputusan desain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, pastikan Anda membeli pintu garasi pada toko yang mendatangkan tenaga penjual ke rumah dan memeriksa situasi sebelum memesan pintu. 

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Pintu Rumah yang Seret dan Berderit

Waspada terhadap pintu kayu

Pintu kayu asli terlihat fantastis saat masih baru. Namun, bila enggan mengeluarkan waktu dan uang untuk pemeliharaan, pintu garasi dari material kayu tidak akan terlihat bagus untuk waktu lama.

Hasil akhir alami bertahan beberapa tahun sebelum perlu dilapis ulang. Anda harus mengampelas semua lapisan akhir dan memulai dari awal agar pintu terlihat baru lagi.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan baja timbul dengan lapisan serat kayu palsu. Pintu dengan material ini memiliki biaya lebih murah dan minim pemeliharaan. Dari kejauhan, pintu-pintu ini terlihat sangat mirip dengan kayu asli. 

Baca juga: Cara Membuat Ruang Kecil di Pintu Masuk Rumah Jadi Tampak Lebih Besar

Pilih pintu yang memakai jendela

Menggunakan pintu garasi yang memakai jendela akan memberi tampilan jauh lebih baik dan menambah gaya. Selain itu, juga dapat memasok cahaya yang sangat dibutuhkan ke interior garasi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.