Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hemat Ruangan dengan Menggunakan Pintu Geser

Kompas.com - 25/04/2021, 15:56 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Renonation

JAKARTA, KOMPAS.com — Seperti kita tahu, orang Jepang sangat menggunakan pintu geser untuk ruangan dalam hunian. Ini karena pintu geser mampu menghemat ruangan dan tidak membuat ruangan yang sempit tampak terasa penuh.

Belakangan ini, pintu geser semakin diminati karena fungsinya dan kemampuannya untuk menghemat ruang namun tetap mempertahankan estetika ruangan.

Berikut adalah lima alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan pintu geser untuk rumah, seperti dilansir dari Roohome, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: 13 Warna Cat Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Pintu Rumah

1. Praktis dan menghemat ruang berharga

Untuk apartemen atau rumah yang tak terlalu luas, pintu geser memainkan peran penting dalam ide-ide desain rumah yang menghemat ruang.

Karena tidak memakan banyak tempat, ruang yang biasa digunakan untuk ruang membuka dan menutup pintu, kini bisa dipakai untuk meletakkan lemari, rak penyimpanan atau furnitur lainnya. Atau, kamu bisa membiarkannya agar tak memberi kesan penuh pada ruangan.

2. Membuat tempat tampak luas

Pintu geser adalah rahasia terbaik desainer interior rumah untuk membuat tempat terlihat lebih luas. Ini karena pintu ruang geser, khususnya model top-hung, menawarkan estetika kontemporer yang rapi dan bersih.

Selain itu, pemilik rumah dapat memvariasikan dimensi pintu ruang geser dan menggunakan pintu geser yang lebih lebar dan bahkan tinggi untuk memberikan ilusi ketinggian dan ruang tambahan. Selain itu, pintu seperti itu memungkinkan lebih banyak cahaya alami masuk dan sangat mencerahkan ruangan.

Baca juga: Tempat Tidur Dekat Pintu Kamar, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

3. Pembatas dinding yang fleksibel

Pintu ruang geser berfungsi sebagai pembatas dinding fleksibel. Kamu bisa menggunakannya sebagai dinding yang bisa dibuka saat kamu membutuhkan ruang lebih luas, misalnya saat kumpul keluarga besar atau sedang pengajian.

Pada hari biasa, ruangan bisa dipisahkan oleh dinding geser, saat dibutuhkan dinding bisa disingkirkan dan ruangan serbaguna pun tercipta.

4. Dapat digunakan di banyak area berbeda

Selain itu, pintu dapat digunakan di banyak tempat berbeda di sekitar apartemen, atau rumah mungil, atau kamu juga bisa menggunakannya lemari pakaian, lemari, lemari dapur dan sebagainya.

5. Hadir dalam banyak desain

Terakhir, pintu penghemat ruang ini hadir dalam berbagai model, bahan, dan desain berbeda yang melengkapi gaya dekorasi interior apa pun; baik itu ide desain interior klasik, retro, country house dan kontemporer.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Renonation
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com