Kompas.com - 24/06/2021, 09:24 WIB
Ilustrasi dapur. UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGNIlustrasi dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membuka lemari dapur untuk mengambil bahan-bahan makanan, kerap kali ditemukan adanya jamur atau kutu pada bahan makanan tersebut. Padahal, bahan makanan tersebut sudah dimasukkan ke dalam wadah.

Nah, bagaimana cara menjaga dapur agar bahan-bahan makanan tidak diserang jamur dan kutu? Hal terpenting dan paling sederhana adalah, menjaga kebersihan dan menata lemari dapur dengan baik.

Dilansir dari Women's Weekly Singapore, Kamis (24/6/2021), berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga bahan makanan di dapur tidak diserang jamur dan kutu.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Membuat Dapur Kotor dan Berantakan

1. Kosongkan dapur

Pertama, periksa semua makanan yang dikemas dan disimpan di lemari es dan lemari dapur untuk mengetahui adanya kutu.

Anda dapat mengetahui apakah makanan tersebut diserang kutu jika kemasannya memiliki lubang kecil, beberapa makanan menggumpal dan disatukan dengan zat lengket, atau yang paling jelas, jika ada serangga di makanan hingga beterbangan di dapur Anda.

Pada titik ini, Anda harus membuang semua makanan yang terkena jamur atau kutu dan bersihkan dapur Anda. Sebaiknya keluarkan semuanya dari lemari atau rak, vakum area tersebut lalu gosok dengan air sabun panas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hati-hati dengan kaleng atau stoples yang mungkin memiliki bekas kutu di permukaannya, cuci dan keringkan juga. Pastikan lemari dapur kering dan bersih sebelum Anda mulai menata kembali bahan makanan di dalamnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Dapur agar Bebas Kotoran dan Bakteri

2. Penyimpanan makanan

Sebelum mengisi kembali dapur, pastikan Anda memasukkan semua bahan makanan yang rentan ke dalam wadah kedap udara dan kokoh yang telah dicuci dan terbuat dari logam, kaca, atau plastik.

Hindari kantong plastik, karena serangga dapat mengunyahnya. Letakkan beberapa perangkap ngengat lengket di dapur hanya untuk ketenangan pikiran.

3. Bersihkan bekas jamur

Jamur bisa menjadi salah satu tanda paling jelas dari degradasi dan kontaminasi makanan. Ada beberapa perdebatan tentang apakah aman untuk menghilangkan jamur dari makanan dan memakan sisanya.

Sementara beberapa orang percaya bahwa memotong dan menghilangkan bagian yang terkena jamur saja sudah cukup, kenyataannya adalah sisanya bisa terpengaruh juga.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X