Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Dalam Ruangan yang Dapat Menghasilkan Oksigen

Kompas.com - 15/07/2021, 09:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadikan tanaman hias sebagai elemen dekorasi di dalam ruangan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan nuansa serta udara yang lebih baik.

Terlebih kemampuannya yang dapat menghasilkan oksigen membuat tanaman ini cocok diletakkan di berbagai ruangan di dalam rumah.

Bahkan dilansir dari Balcony Garden Web, Kamis (15/7/2021), tanaman hias penghasil oksigen dapat meningkatkan kekuatan mental, kekebalan, dan tingkat energi Anda.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Tanaman Lewat Online

Tanaman dengan luas permukaan yang besar dapat menghasilkan lebih banyak oksigen karena mereka memiliki lebih banyak bukaan yang disebut stomata untuk memungkinkan fotosintesis.

Akibatnya, mereka dapat menjadi tambahan yang bagus untuk kantor dan rumah tertutup, sebagai penyaring polutan berbahaya.

Berikut beberapa tanaman penghasil oksigen yang dapat diletakkan di dalam ruangan.

1. Pothos atau sirih gading

Pothos adalah tanaman hias indoor nomor satu untuk oksigen karena tingkat konversinya yang cepat. Dalam sebuah percobaan, ia mampu menunjukkan pengurangan 6,5 persen dalam karbon dioksida, di mana ia menurunkan kandungan CO2 dari 454PPM menjadi 425PPM, sehingga meningkatkan kadar oksigen.

 

Baca juga: Catat, Ini Penyebab Daun Tanaman Hias Indoor Menguning

Juga, sebuah studi di Malaysia menyatakan bahwa sirih gading menyerap 17,10 persen CO2, menurunkannya menjadi 377 ppm dari 455 ppm dari udara dalam ruang tertutup.

2. Peace lily

Studi yang dilakukan oleh University of Technology Sydney, Australia ini menunjukkan bahwa bunga lili ini dapat menurunkan keberadaan karbon dioksida dan membantu meningkatkan persentase oksigen di ruangan yang berventilasi baik sebanyak 25 persen.

3. Areca palm atau palem kuning

Areca palm dihargai karena kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan meningkatkan levelnya di area tempat ia disimpan. Ini juga dapat menyaring polutan berbahaya seperti xilena, toluena, dan formaldehida.

Merawat dua tanaman hias besar ini di area seluas 100 kaki persegi dapat meningkatkan kadar oksigen di sekitarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com