Kompas.com - 15/07/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi kucing, mata kucing. UNSPLASH/PACTO VISUALIlustrasi kucing, mata kucing.

JAKARTA, KOMPAS,com-- Belum lama ini Dr. Eric Barchas dari San Francisco Bay Area mengungkapkan pengalaman dari pembacanya yang memiliki kucing muda yang sehat, namun mengalami kematian mendadak.

Barchas mengatakan, kematian mendadak dari kucing membuat pemilik terkejut dan merasa penasaran akan apa yang sebenarnya terjadi.

Dalam kasus kematian mendadak pada kucing, banyak kemungkinan yang terjadi, salah satunya, penyakit jantung.  

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Peliharaan Sudah Berusia 5 Tahun

Penyakit jantung pada kucing

Pada manusia, penyakit jantung, kebanyakan berhubungan dengan gaya hidup.

Terlalu banyak bir, terlalu banyak sosis, terlalu banyak rokok, terlalu banyak waktu di depan TV, dan terlalu sedikit olahraga sepanjang hidup adalah beberapa penyebab serangan jantung manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Catster, Kamis (15/7/2021), penyakit jantung berbeda pada kucing. Bentuk paling umum dari penyakit jantung, kardiomiopati, tidak berhubungan dengan gaya hidup.

Itu hal yang baik, karena kucing adalah hewan yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur dan bermalas-malasan.

Kardiomiopati adalah penyakit organik yang tampaknya memiliki komponen herediter yang kuat. Ini paling umum terjadi pada kucing jenis Maine Coon dan Persia, tetapi semua jenis kucing (serta individu ras campuran) bisa juga mengembangkan kondisi ini.

Kardiomiopati menyebabkan otot-otot jantung berkembang tidak semestinya, yang dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung.

Efeknya mungkin pertama kali dirasakan pada usia berapa pun mulai dari 6 bulan ke atas. Kardiomiopati sering menyerang kucing muda yang tampak sehat.

Dan, yang mengejutkan, gejala pertama seringkali adalah kematian mendadak pada kucing. Gejala lain yang mungkin termasuk kesulitan bernapas, intoleransi olahraga, atau pembekuan darah yang masuk ke kaki.

Baca juga: Hidung Kucing Beringus, Apakah Ini Normal?

Halaman:


Sumber Catster
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.