Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2021, 17:11 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Catster

JAKARTA, KOMPAS.com-- Sebagai pemilik, kita mungkin pernah berpikir apakah kucing peliharaan mencintai kita seperti kita mencintai dia?

Pasalnya, beberapa kucing tak terlalu suka dipeluk atua dielus, namun kita sebagai pemilik terkadang tak bisa menghentikan kasih sayang kita pada mereka. Tapi, apakah kucing kita berterima kasih kepada kita?

“Kami memiliki stigma bahwa kucing memiliki pola pikir internal yang kronis, tidak puas, dan membenci manusia,” kata Shadi Ireifej, DVM DACVS, Kepala Petugas Medis Vettriage, seperti dilansir dari Catster, Sabtu (10/7/2021). 

"Itu tidak benar. Pada tingkat fundamental, mereka membutuhkan kita," imbuhnya.

Jadi, meskipun kucing mungkin tidak dapat mengungkapkan secara verbal betapa bersyukurnya mereka mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari kita namun Si Manis tetap mencintai kita.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kucing Mogok Makan

1. Kucing bersyukur

Sebagai pemilik, kita tentu mencintai kucing kita apa adanya, serta menerima semua perilaku Si Manis, mau itu perilaku yang buruk, maupun yang baik. Hal ini membuat kucing bertumbuh dengan baik.  

“Kita menunjukkan kepada mereka bahwa kita memahami perilaku ini dengan menemukan mainan,” kata Dr. Ireifej. “Ini menyebabkan kucing tertarik pada tingkat biologis dan evolusi di mana mereka bisa berpura-pura berburu sesuatu," imbuhnya.

Kita bahkan memberikan mereka mainan seperti tongkat ikan, bola berkerut, mainan catnip, dan tikus listrik.  Jangan mengira mereka tidak berterima kasih atas mainan itu, ketahuilah bahwa mereka sangat berterima kasih atas hal itu.

“Kucing akan menggunakannya untuk bersembunyi dan menjelajahi lingkungan. Kamu sudan memberi mereka alat untuk mengekspresikan diri mereka dalam skala kucing dan kembali ke akar evolusi mereka,” kata Dr. Ireifej.

Baca juga: Fakta-fakta tentang Kucing Bermata Biru

2. Kita menjaga mereka tetap terhidrasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com