Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2021, 08:41 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-- Penglihatan kucing sangat berbeda dengan penglihatan manusia. Penglihatan kucing dikhususkan untuk membantu hewan nokturnal ini berburu di malam hari.

Jadi, benarkan kucing bisa melihat dalam gelap? Dan bisakah kucing melihat warna? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Warna Mata Kucing

Bisakah kucing melihat dalam gelap

Jawabannya tidak. Kucing membutuhkan cahaya untuk melihat, tetapi mereka hanya membutuhkan seperenam dari jumlah cahaya yang dibutuhkan manusia.

Kucing melihat dengan sangat baik dalam cahaya redup karena desain matanya.

“Kornea melengkung dan lensa besar mengarahkan cahaya, dan pupil terbuka ke lingkaran penuh untuk mengambil cahaya maksimum yang tersedia,” kata Hazel C. Carney, D.V.M., MS, Dipl. ABVP, dari Pusat Darurat dan Khusus WestVet di Garden City, Idaho, seperti dilansir dari Catster, Selasa (29/6/2021).

“Tapetum meningkatkan cahaya yang tersedia untuk kucing. Ini adalah lapisan ekstra sel reflektif di retina yang memantulkan cahaya kembali ke sel sensorik sehingga retina menerima 50 persen lebih banyak cahaya yang tersedia," imbuhnya.

Tapetum adalah alasan mengapa mata kucing bersinar hijau saat terkena cahaya di malam hari atau saat kamu mengambil fotonya dengan flash.

Baca juga: 4 Fakta Tentang Kucing Bermata Biru

Kucing memiliki penglihatan perifer yang menakjubkan

Kucing melihat sekitar 300 derajat di sekitar kepala mereka, itu hampir satu lingkaran penuh. Setiap mata kucing melihat sekitar 155 hingga 208 derajat, dengan tumpang tindih 90 hingga 130 derajat.

Mata kucing juga mendeteksi gerakan yang sangat cepat (4 milimeter per detik). Ciri-ciri ini membantu kucing menangkap tikus kecil yang bergerak cepat itu.

Tapi penglihatan kucing lebih buruk dari manusia untuk penglihatan jangka pendek. 

Meskipun kucing dapat melihat sejauh 36 meter, 40 persen kucing tidak dapat melihat dalam jarak 30 cm dari hidung mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com