Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2021, 09:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam memelihara kucing, keberadaan kotak pasir merupakan hal yang penting. Sebab, dengan menggunakan kotak pasir kucing, rumah Anda akan terbebas dari bau urine dan kotoran Si Meong.

Melansir dari Daily Paws, Sabtu (3/7/2021), meskipun kucing memang memiliki naluri untuk mengubur kotorannya di pasir dan tanah, ada beberapa kucing yang harus diajarkan untuk menggunakan kotak pasir, khususnya kucing liar yang dipelihara dan juga anak kucing.

Akan tetapi, terkadang ada beberapa kucing yang enggan atau tidak mau menggunakan kotak pasir tersebut.

 

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mengeong di Malam Hari? Penyebab dan Solusinya

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa kucing memilih untuk tidak menggunakan kotak pasir, seperti berikut ini.

1. Kebersihan

Kucing tidak akan mau menggunakan kotak pasirnya jika dalam keadaan kotor. Sehingga, Anda harus membersihkan pasirnya setiap hari dan dibuang serta dicuci setiap tujuh hingga 10 hari sekali.

2. Jenis pasir

Pasir untuk kotoran kucing tersedia dalam berbagai jenis, termasuk gumpalan tanah liat, tidak menggumpal, kristal silika, kayu, gandum, dan lainnya. Lalu ada yang beraroma dan tidak beraroma.

Sehingga, Anda harus memilihnya sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Sebab, ada beberapa kucing yang tidak menyukai beberapa aroma tersebut.

Baca juga: Cara Melatih Anak Kucing Membuang Kotoran Memakai Kotak Pasir

3. Jenis kotak

Jenis kotak pasir juga harus diperhatikan, apakah sisinya terlalu tinggi, terbuat dari material apa, dan ukurannya yang sesuai dengan tinggi kucing.

Jika bentuk serta ukurannya tidak sesuai dengan kucing, akan menyebabkan kucing tidak merasa nyaman menggunakannya.

4. Jumlah kotak pasir

Apakah Anda memiliki beberapa kucing di rumah Anda? Beberapa kucing tidak suka berbagi kotak pasir. Jadi, coba letakkan beberapa kotak pasir di seluruh rumah untuk memungkinkan setiap kucing memiliki kotak pasir sendiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com