Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kucing Pincang dan Pengobatan yang Perlu Dilakukan

Kompas.com - 12/07/2021, 18:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kucing termasuk hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, terkadang perilaku yang dilakukannya dapat membuat mereka cedera, salah satunya mengalami kaki pincang.

Melansir dari Daily Paws, Senin (12/7/2021), ada sejumlah hal yang dapat menyebabkan kucing pincang. Mulai dari, terkena duri, trauma karena jatuh, hingga terkilir. 

Baca juga: Kucing Cacingan? Atasi dengan Obat Cacing Ini

Mencari tahu mengapa kucing Anda pincang adalah langkah pertama membantu kucing merasa lebih baik. Nah, berikut ini beberapa penyebab kucing pincang

Trauma 

Kucing pincang biasanya disebabkan beberapa jenis trauma seperti jatuh dari ketinggian dan tertabrak kendaraan. 

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Menggigit Saat Dielus atau Bermain dengan Kita? 

Selain itu, kucing pincang juga bisa karena mengalami cedera seperti otot tegang, patah tulang, luka terbuka, serta robekan ligamen dan tendon.

Jika kucing peliharaan mengalami cedera seperti ini, Anda mungkin melihat pembengkakan, luka, atau memar. 

Baca juga: Kucing Diare? Ini Jenis Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi

Masalah kaki 

Kucing pincang juga bisa disebabkan adanya luka pada kaki sehingga membuatnya kesakitan seperti terkena duri atau benda tajam lainnya.

Selain itu, kuku yang tumbuh menjadi cakar atau robek atau terinfeksi juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Bahkan berjalan melintasi permukaan yang dilapisi keramik saja bisa menyakitkan bagi bantalan kaki kucing. 

Baca juga: 3 Tips Perawatan Kucing Sphynx

Radang sendi

Radang sendi menjadi salah satu penyebab kucing pincang. Hal ini membuat kucing berjalan dengan kaku atau pincang saat menderita radang sendi.

Sama dengan manusia, seiring bertambahnya usia, tulang rawan kucing bisa rusak. Ketika ini terjadi, ada lebih banyak gesekan pada persendian itu, yang menyebabkan iritasi. 

Baca juga: Ingat, Jangan Berikan Susu untuk Kucing yang Keracunan

Pengobatan di rumah 

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan di rumah adalah mengidentifikasi penyebab rasa sakit yang dialami kucing. Saat kucing tengah rileks, Anda dapat menyentuh kakinya dengan lembut untuk melihat area mana yang sensitif.

Mulailah dengan memeriksa cakarnya dan naik ke atas. Jika Anda tidak dapat menentukan penyebabnya dan kucing masih pincang setelah 24-48 jam, segera bawa kucing ke dokter hewan

Baca juga: Catat, Ini Jenis Obat Manusia yang Beracun bagi Kucing dan Anjing

Dokter hewan akan memeriksa secara menyeluruh kaki kucing dan meresepkan obat-obatan seperti pereda nyeri, antibiotik, dan antiperadangan.

Selain itu, batasi pergerakan kucing dan jangan pernah memberi obat ereda nyeri yang ditujukan untuk manusia. Ini bisa menjadi racun bagi kucing. 

Baca juga: Catat, Ini Gejala dan Penyebab Kucing Sembelit 

Kapan harus membawa kucing ke dokter hewan

Jika melihat pembengkakan, luka terbuka, atau kaki kucing menggantung dengan cara aneh, segera cari bantuan dokter hewan. Jangan menunggu sampai 48 jam karena infeksi bisa terjadi atau cedera (seperti patah kaki) bisa makin memburuk.

Jika tidak yakin apa yang harus dilakukan, hubungi dokter hewan. Beri tahu sudah berapa lama kucing pincang dan gejala yang dirasakan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com