Kompas.com - 12/07/2021, 09:21 WIB
Ilustrasi kucing menggigit tangan pemiliknya. SHUTTERSTOCK/BOGDAN SONJACHNYJIlustrasi kucing menggigit tangan pemiliknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda sedang membelai atau bermain dengan kucing peliharaan kesayangan. Namun demikian, tiba-tiba kucing menggigit tangan atau kaki Anda.

Banyak kucing melakukan hal ini secara rutin. Meski demikian, gigitan kucing itu bukan gigitan yang menyebabkan luka atau berdarah pada tubuh Anda.

Pastilah Anda bertanya-tanya, kenapa kucing suka menggigit saat bermain atau dibelai oleh pemiliknya? Banyak pihak yang menyebut gigitan semacam ini adalah love bite alias gigitan kasih sayang.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Dikebiri

“Menggigit pemilik selama mengelus adalah salah satu masalah perilaku kucing yang paling umum,” kata Kelly Ballantyne, ahli perilaku hewan bersertifikat di College of Veterinary Medicine di University of Illinois, Chicago, AS seperti dikutip dari Pet MD, Senin (12/7/2021).

Cara mengetahui gigitan kucing termasuk gigitan kasih sayang atau bukan

Jangan bingung antara gigitan kasih sayang dengan jenis gigitan yang terlalu agresif yang dikaitkan dengan rasa takut, membela diri, atau bertindak secara teritorial. Gigitan cinta kucing biasanya tidak merusak kulit.

Ilustrasi kucing ras Selkirk Rex.SHUTTERSTOCK/MDMMIKLE Ilustrasi kucing ras Selkirk Rex.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini dimulai dengan menjilat, dan perilaku perawatan menjadi lebih intens, dan Anda mungkin merasakan sedikit gigi pada (anggota tubuh) Anda,” jelas Wailani Sung, staf dokter hewan di San Francisco SPCA.

Petunjuk lain bahwa kucing memberikan gigitan kasih sayang adalah bahwa biasanya tidak ada tanda-tanda agresi lainnya, seperti mendesis, menggeram, dan mencakar, kata Liz Stelow, Kepala Layanan Layanan Perilaku Klinis di Veterinary Medical Teaching Hospital di University of California, Davis.

Baca juga: Tips Memelihara Kucing dan Anjing Bersama-sama

“Bahasa tubuh kucing biasanya cukup santai, meskipun kucing mungkin menjadi sedikit tegang segera sebelum menggigit,” turut Stelow.

Halaman:


Sumber Pet MD
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.