Kompas.com - 14/07/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi kamar mandi. SHUTTERSTOCK/PPAIlustrasi kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memiliki kamar mandi yang sudah dirancang sesuai keinginan, terkadang ada berbagai permasalahan yang baru disadari setelahnya.

Masalah tersebut bisa cukup mengganggu sehingga kamar mandi menjadi terasa kurang nyaman digunakan.

Melansir Architectural Digest, Rabu (14/7/2021), berikut ini delapan masalah yang kerap terjadi di kamar mandi dan cara memperbaikinya. 

Baca juga: Cara Membuat Kamper Kamar Mandi Awet dan Lebih Wangi

Ventilasi buruk

Permasalahan pertama di kamar mandi adalah ventilasi udara yang buruk. Untuk mengatasinya, pasang jendela awning (gaya tenda) dan kipas exhaust.

Namun, jika kamar mandi tidak memiliki jendela, pasang kipas exhaust di plafon untuk mengeluarkan udara pengap ke luar. Penting menjaga jendela tetap terbuka saat mandi agar udara hangat dan lembap dapat diganti dengan udara segar. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Air shower pelan

Apabila tekanan air yang keluar dari shower terasa rendah atau pelan, mungkin itu disebabkan penumpukan kapur yang berkerak.

Untuk menghilangkan endapan kerak, siapkan air dan cuka dalam jumlah yang sama dan masukkan ke kantong plastik. Kemudian rendam kepala shower dengan air larutan cuka yang ada di kantong plastik selama satu jam.

Ikat kantong plastik ke kepala shower untuk merendamnya. Langkah selanjutnya adalah menggunakan sikat lembut untuk membilas kepala shower yang berkerak. 

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Kepala Shower

Air tergenang

Jika air di lantai kamar mandi mengalir perlahan ke saluran pembuangan, bersihkan dengan menuangkan air panas ke saluran pembuangan.

Jika ada sumbatan, masukkan satu cangkir soda kue ke saluran pembuangan diikuti secangkir cuka dan biarkan selama 30 menit. Reaksi kimia kedua bahan akan meluruhkan penumpukan di saluran pembuangan. Selanjutnya, bilas dengan menuangkan air mendidih ke saluran pembuangan. 

Baca juga: Jangan Lupa, 7 Benda di Kamar Mandi Ini Juga Perlu Dibersihkan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.