Kompas.com - 15/07/2021, 10:40 WIB
Ilustrasi penggunaan cermin sebagai elemen dekorasi ruangan. SHUTTERSTOCK/JUAN FRANCISCO GOMEZIlustrasi penggunaan cermin sebagai elemen dekorasi ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain berguna untuk membantu merapikan penampilan diri setiap hari, cermin juga berguna di dalam desain interior.

Bingkai pada potongan reflektif ini dapat menambah dekorasi ruangan, yang disesuaikan dengan gaya Anda, seperti bingkai berukir emas di kamar bergaya antik, atau bingkai hitam atau putih sederhana di ruangan yang lebih modern.

Selain itu, seperti yang dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (15/7/2021), lebih penting dari sekedar dekoratif, cermin membuat ruangan kecil atau gelap tampak lebih besar dan lebih terang dari yang sebenarnya, yang pada akhirnya membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Baca juga: 5 Ide Penempatan Dinding Cermin pada Ruangan

Berikut cara membuat ruangan kecil, gelap, menjadi lebih terlihat terang serta lapang dengan menggunakan cermin.

1. Biarkan ada cahaya

Untuk menjadikan ruangan semakin terang, penempatan cermin merupakan faktor utama. Penempatan cermin pada dinding di seberang atau dekat jendela dapat memantulkan cahaya yang masuk melalui jendela, terutama di ruangan kecil, karena jarak jendela tidak terlalu jauh.

Cahaya ekstra ini membuat ruang lebih terang, yang menghilangkan beberapa tekanan yang terkadang terlihat di ruang kecil yang gelap atau berantakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Di seberang area terbuka

Karena cermin memantulkan sekelilingnya, cermin juga dapat ditempatkan secara strategis untuk membuat ruang terasa lebih besar.

Baca juga: 6 Tempat Terbaik Meletakkan Cermin di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Misalnya, Anda dapat menempatkan cermin di dinding di seberang lorong atau di seberang area yang terbuka ke ruangan yang lebih besar mencerminkan rasa ruang dan keterbukaan itu.

3. Ukuran

Cermin besar biasanya merupakan cara terbaik untuk memantulkan sebagian besar cahaya ke dalam ruangan, terutama jika Anda ingin membuatnya terlihat lebih besar dan juga lebih terang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.