Kompas.com - 17/10/2021, 13:40 WIB
Ilustrasi listrik, meteran listrik. PLN token gratis atau token listrik gratis dalam program stimulus PLN listrik gratis Maret 2021 ShutterstockIlustrasi listrik, meteran listrik. PLN token gratis atau token listrik gratis dalam program stimulus PLN listrik gratis Maret 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada modern saat ini, ketergantungan pada listrik atau peralatan listrik terus meningkat. Pasalnya, listrik membuat hidup lebih mudah serta tetap terhibur.

Namun, di luar semua manfaat listrik bagi kehidupan manusia, pemilik rumah tidak boleh lupa bahwa listrik bisa mendatangkan bahaya, dari menyebabkan korseleting listrik hingga kebakaran

Demi mencegah risiko bahaya dari listrik tersebut, berikut ini tips menjaga keamanan listrik di rumah dirangkum dari American Home Shield, Minggu (17/10/2021). 

Baca juga: Catat, 7 Benda Ini Dibutuhkan Saat Terjadi Pemadaman Listrik 

Perbarui sistem listrik

Jika tinggal di rumah yang lebih tua dengan kabel listrik yang sudah lama, Anda perlu memperbarui sistem kelistrikan di rumah karena kabel lama dapat mendatangkan masalah besar bagi rumah Anda.

Bukan hanya sistem kelistrikan lama Anda yang mungkin mengandung elemen yang telah terdegradasi atau rusak seiring waktu.

Hal itu juga karena rumah lama Anda disambungkan untuk memenuhi kebutuhan listrik pada masa lalu. Kabel listrik yang sudah lama mungkin tidak dapat mengikuti beberapa peralatan elektronik seperti TV, laptop, mesin cuci, microwave.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tips Mencegah Korsleting Listrik di Rumah 

Gunakan peralatan dengan aman

Anda seharusnya sudah tahu bahwa tidak boleh menggunakan pengering rambut atau pengeriting rambut saat sedang duduk di bak mandi atau bathtub.

Hal ini dapat membuat Anda berisiko terkena sengatan listrik karena air adalah konduktor yang sangat baik. Jangan gunakan alat apa pun sambil berdiri di air atau dengan tangan basah.

Jauhkan peralatan listrik dari wastafel, bak mandi, kloset, atau sumber kelembapan lainnya. Setelah selesai menggunakan peralatan listrik, simpan dan jauhkan kabelnya dari anak-anak dan hewan peliharaan. 

Baca juga: Tips Menjaga Makanan di Kulkas Tidak Rusak Saat Mati Listrik 

Periksa kabel listrik 

Jika menggunakan kabel listrik di rumah, periksa secara teratur apakah ada keretakan atau kabel tertekuk.

Halaman:


Sumber Ahs
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.