Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Trik Mengubah Tampilan Kamar Tidur Tanpa Mengeluarkan Biaya

Kompas.com - 17/10/2021, 16:19 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar tidur tak hanya membuat kamar tidur terlihat lebih cantik dan tertata, tapi juga lebih nyaman saat tidur serta beristirahat.

Banyak orang berpikir bahwa mendekorasi atau mengubah tampilan kamar tidur dapat menghabiskan banyak biaya. Padahal, tidak selalu demikian, bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk mengubah tampilan kamar tidur. 

Dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Minggu (17/10/2021), berikut ini trik mengubah tampilan kamar tidur tanpa mengeluarkan biaya. 

Baca juga: Simak, 4 Penyebab Bau Tidak Sedap di Kamar Tidur

Pindahkan lampu gantung

Jika memiliki sepasang lampu gantung di kamar tidur, cobalah membuat titik fokus baru dengan menggantungnya di atas meja samping tempat tidur.

Bisa pula menambahkan pencahayaan baru di beberapa titik dengan lampu baru lainnya. Hal ini bisa dengan cepat mengubah tampilan kamar tidur.   

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak agar Menarik dan Berkesan

Padukan dengan bantal

Selain sebagai penopang kepala dan leher saat tidur, bantal juga bisa menjadi elemen dekoratif yang menarik. Padukan beberapa corak dan warna sarung bantal sehingga memberikan warna yang menarik di kamar tidur.   

Gunakan karpet

Anda dapat memberikan perubahan yang nyaman pada kamar tidur dengan menggunakan karpet dari ruangan lain. Jika terlalu kecil untuk diletakkan di bawah tempat tidur, letakkan karpet di bagian kaki atau depan tempat tidur.  

Baca juga: Tips Mendekorasi Kamar Tidur Kecil ala IKEA 

Letakkan cermin

Alih-alih menggantung cermin pada dinding, sandarkan cermin ke dinding untuk tampilan kasual. Ini dapat menciptakan ilusi pada kamar tidur dengan membuat langit-langit tampak lebih tinggi. 

Gunakan karya seni 

Jika memiliki koleksi karya seni menarik di rumah, gantungkan pada dinding di atas tempat tidur untuk memberikan pernyataan. Kelompokkan karya seni bersama-sama dalam jumlah ganjil untuk tampilan yang kohesif.  

Baca juga: 8 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Tidur Anak yang Menenangkan

Tambahkan tanaman hijau

Daripada mengisi kamar tidur dengan bunga potong yang mahal, pilihlah beberapa tanaman daun dari kebun Anda dan pajang dalam stoples kaca di meja samping tempat tidur. 

Tanaman ini dapat bekerja sangat baik bila dikombinasikan dengan corak botani di tirai atau sprei Anda. 

Baca juga: Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur Tidak Bagus Menurut Feng Shui? 

Gantung tekstil pada dinding

Selanjutnya, trik mengubah tampilan kamar tidur tanpa mengeluarkan biaya adalah menggantung tekstil pada dinding.

Tekstil menarik seperti taplak meja bertekstur atau seprai bersulam dapat digunakan sebagai karya seni untuk dinding Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com