Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 7 Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 17/10/2021, 13:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya bermanfaat untuk mengobati luka, alkohol gosok bisa juga digunakan untuk membersihkan rumah

Melansir dari The Spruce, Minggu (17/10/2021), hampir setiap orang memiliki sebotol alkohol di lemari obat mereka. Berikut beberapa manfaat alkohol gosok untuk membersihkan rumah.  

Baca juga: Cara Mengatasi Jamur pada Akar Tanaman, Pakai Alkohol dan Pemutih 

Menghapus spidol permanen 

Ketika ada coretan spidol permanen di sebuah permukaan meja, plastik, atau lainnya, Anda dapat menggunakan alkohol untuk menghilangkannya.

Cukup oleskan alkohol gosok pada tempat yang terkena noda spidol, lalu gosok sampai noda menghilang serta bersih. 

Membersihkan cermin kamar mandi 

Cermin kamar mandi sering terkena cipratan dari pasta gigi dan produk pembersih lainnya. Cukup semprotkan cermin dengan alkohol gosok, lalu gosok cermin secara perlahan untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel dan membersihkannya. 

Baca juga: 6 Tanaman Herbal yang Dapat Membersihkan Rumah 

Menghilangkan bintik air dan sidik jari 

Bersihkan keran dan wastafel stainless steel dari noda air menggunakan alkohol. Selain peralatan stainless steel, alkohol gosok juga dapat digunakan untuk menghilangkan sidik jari dan noda. 

Hilangkan kotoran

Lap ponsel, keyboard komputer, dan gadget lain yang sering digunakan menggunakan lap yang dibasahi sedikit alkohol gosok untuk menghilangkan semua kotoran yang menumpuk dari tombol serta meminimalkan penyebaran kuman. 

Baca juga: 5 Fungsi Koran Bekas untuk Membersihkan Rumah 

Menghilangkan bekas minyak di dapur 

Selanjutnya, manfaat alkohol gosok untuk membersihkan rumah adalah menghilangkan bekas minyak di dapur.

Atasi penumpukan lemak di kompor, meja, dan lemari dengan menyekanya menggunakan spons atau lap yang telah direndam dalam alkohol. Ini merupakan cara cepat, mudah, dan efektif. 

Menyegarkan udara 

Segarkan udara di rumah dengan semprotan ruangan alami yang dibuat sendiri. Mulailah dengan alkohol gosok dan tambahkan wewangian apa pun yang Anda suka. 

Baca juga: 7 Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat Setiap Hari 

Membersihkan kaca

Campurkan alkohol gosok dengan air dan cuka untuk membuat pembersih kaca sendiri. Caranya, campurkan satu cangkir alkohol, satu cangkir air, dan satu sendok makan cuka.

Kocok agar ketiga bahan tercampur rata dan masukkan ke botol semprot, lalu semprotkan pada permukaan kaca. Seka dengan kekuatan pelan hingga sedang untuk membersihkan semua kotoran yang menempel. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com