Kompas.com - 17/10/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi alkohol gosok atau isopropyl alcohol, yang sering digunakan sebagai produk hand sanitizer. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi alkohol gosok atau isopropyl alcohol, yang sering digunakan sebagai produk hand sanitizer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya bermanfaat untuk mengobati luka, alkohol gosok bisa juga digunakan untuk membersihkan rumah

Melansir dari The Spruce, Minggu (17/10/2021), hampir setiap orang memiliki sebotol alkohol di lemari obat mereka. Berikut beberapa manfaat alkohol gosok untuk membersihkan rumah.  

Baca juga: Cara Mengatasi Jamur pada Akar Tanaman, Pakai Alkohol dan Pemutih 

Menghapus spidol permanen 

Ketika ada coretan spidol permanen di sebuah permukaan meja, plastik, atau lainnya, Anda dapat menggunakan alkohol untuk menghilangkannya.

Cukup oleskan alkohol gosok pada tempat yang terkena noda spidol, lalu gosok sampai noda menghilang serta bersih. 

Membersihkan cermin kamar mandi 

Cermin kamar mandi sering terkena cipratan dari pasta gigi dan produk pembersih lainnya. Cukup semprotkan cermin dengan alkohol gosok, lalu gosok cermin secara perlahan untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel dan membersihkannya. 

Baca juga: 6 Tanaman Herbal yang Dapat Membersihkan Rumah 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menghilangkan bintik air dan sidik jari 

Bersihkan keran dan wastafel stainless steel dari noda air menggunakan alkohol. Selain peralatan stainless steel, alkohol gosok juga dapat digunakan untuk menghilangkan sidik jari dan noda. 

Hilangkan kotoran

Lap ponsel, keyboard komputer, dan gadget lain yang sering digunakan menggunakan lap yang dibasahi sedikit alkohol gosok untuk menghilangkan semua kotoran yang menumpuk dari tombol serta meminimalkan penyebaran kuman. 

Baca juga: 5 Fungsi Koran Bekas untuk Membersihkan Rumah 

Menghilangkan bekas minyak di dapur 

Selanjutnya, manfaat alkohol gosok untuk membersihkan rumah adalah menghilangkan bekas minyak di dapur.

Atasi penumpukan lemak di kompor, meja, dan lemari dengan menyekanya menggunakan spons atau lap yang telah direndam dalam alkohol. Ini merupakan cara cepat, mudah, dan efektif. 

Menyegarkan udara 

Segarkan udara di rumah dengan semprotan ruangan alami yang dibuat sendiri. Mulailah dengan alkohol gosok dan tambahkan wewangian apa pun yang Anda suka. 

Baca juga: 7 Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat Setiap Hari 

Membersihkan kaca

Campurkan alkohol gosok dengan air dan cuka untuk membuat pembersih kaca sendiri. Caranya, campurkan satu cangkir alkohol, satu cangkir air, dan satu sendok makan cuka.

Kocok agar ketiga bahan tercampur rata dan masukkan ke botol semprot, lalu semprotkan pada permukaan kaca. Seka dengan kekuatan pelan hingga sedang untuk membersihkan semua kotoran yang menempel. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.